Kompas.com - 02/06/2017, 08:00 WIB
EditorHilda B Alexander

LHOKSEUMAWE, KompasProeprti - Kepolisian Resort Lhokseumawe mengingatkan adanya potensi rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah itu bagi pemudik jelang Lebaran 2017.

Kepala Polisi Resort Polres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengungkapkan beberapa lokasi itu antara lain kawasan Panggoi hingga ke Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu.

Lokasi tersebut merupakan Jalur Trans-Sumatera (Jalan Medan-Banda Aceh). Jalur ini ramai dilalui kendaraan berbagai jenis.

Kondisinya mulus dan kurus, sehingga memacu pengemudi menjalankan kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, beberapa kali terjadi kecelakaan tunggal, dan kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan berbeda.

Ia memberikan contoh, satu unit mobil Avanza mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Kamis malam (1/6) sekitar pukul 23.15 WIB, dua penumpangnya terluka dan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Oleh karena itu, kata Hendri, Polres Lhokseumawe akan terus berupaya mencegah kecelakaan di lokasi-lokasi rawan itu dengan memasang papan himbauan bagi para pengemudi agar lebih berhati-hati.

"Apalagi terhadap pengemudi yang belum mengetahui medan jalan dengan baik sehingga butuh kewaspadaan ekstra agar tidak terjadi kecelakaan," kata Hendri, Jumat (2/6/2017).

Selain itu, Polres Lhokseumawe juga akan menyiagakan petugas di beberapa lokasi atau titik rawan agar dapat membantu para pemudik dalam melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman.

Data Polres Lhokseumawe menunjukkan jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah itu pada 2016 trennya meningkat 36,02 persen dibanding 2015 dengan korban meninggal dunia sebanyak 88 orang.

Pada 2016 terdapat 472 kasus, sedangkan tahun sebelumnya hanya 347 kasus.

"Jumlah meninggal pada 2016 ada 88 orang, luka berat tujuh orang, luka ringan 823 orang," kata Hendri usai menggelar Apel Operasi Patuh 2017, Selasa (9/5/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber ANTARA


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.