Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urbane Indonesia Bukan Milik Ridwan Kamil

Kompas.com - 09/08/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan Swiss-belhotel yang terbakar Minggu (7/8/2016) lalu merupakan bagian dari pengembangan kawasan multifungsi (mixed use development) Kirana Commercial Avenue besutan PT Nusa Kirana.

Untuk merancang Kirana Commercial Avenue, pengembang ini menunjuk Urbane Indonesia (UI) yang salah satu pendirinya adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Kendati berperan dalam mendirikan UI, Ridwan Kamil sama sekali bukan pemilik biro arsitektur tersebut seperti yang diberitakan Kompas.com sebelumnya.

Baca: Hotel yang Terbakar di Kelapa Gading Dirancang Urbane Indonesia

"Tidak benar Ridwan Kamil disebut sebagai pemilik Urbane Indonesia, karena pada saat ini Ridwan Kamil tidak menjadi pemilik dan atau pemegang saham di perusahaan kami," tulis salah satu pendiri UI Reza Ahmed Nurtjahja dalam surat elektronik yang diterima Kompas.com, Selasa (9/8/2016).

Sebagai konsultan perencana atau arsitek, Reza menyatakan secara tegas bahwa UI sama sekali tidak terlibat dalam kegiatan pembangunan kawasan tersebut.

Dia juga menyebutkan dalam kegiatan proyek konstruksi pada dasarnya melibatkan tiga pihak, yakni arsitek, pelaksana pembangunan, dan konsultan pengawas bersama dengan klien selaku pemilik proyek.

Selain itu Reza juga mengaku UI telah menyelesaikan pekerjaan, dalam hal ini merancang Kirana Commercial Avenue sesuai dengan kontrak yang ada.

"Jika perencanaan belum selesai, maka tidak mungkin pelaksana pekerjaan konstruksi melakukan pembangunan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com