Arsitek Rancang Hunian di Pesawat Ruang Angkasa untuk Astronot

Kompas.com - 17/07/2016, 14:58 WIB
Ruang di pesawat luar angkasa Ruang di pesawat luar angkasa
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Sementara NASA dan industri ruang angkasa berlomba untuk menempatkan orang di Mars, arsitek dan desainer industri sudah mulai melihat ke depan.

Visinya adalah di mana manusia akan hidup setelah sampai di planet luar Bumi. Tahun lalu NASA mengadakan kompetisi arsitektur untuk merancang sebuah rumah cetak 3D di Mars yang bisa menjadi habitat bagi empat astronot.

Namun tantangan membangun lingkungan hidup yang nyaman tidak hanya dimulai ketika para astronot mencapai Mars, tetapi justru saat perjalanannya.

Perjalanan ke Mars diperkirakan memakan waktu enam sampai delapan bulan di habitat transit, diikuti 18 sampai 20 bulan untuk tinggal di tanah, sampai planet menyelaraskan untuk perjalanan pulang yang sama.

Lalu ada kemungkinan, ketika kru sampai di Mars dan mulai mengorbit, mereka tidak dapat mendarat karena badai debu atau cuaca berbahaya lainnya.

"Jika itu terjadi, ada potensi mereka akan diminta untuk tinggal di habitat transit atau sebuah pesawat ruang angkasa di mana astronot tinggal selama perjalanan mereka, sampai tiga tahun," kata salah satu arsitek pada tim di belakang Ice House, Michael Morris.

Apa yang terjadi jika habitat transit menjadi benar-benar habitat?

Morris, yang juga seorang profesor arsitektur tamu di Pratt Institute di New York, tengah menangani masalah ini dibantu murid-muridnya.

Bersama dengan profesor desain industri Rebeccah Pailes-Friedman, mereka menghabiskan satu tahun ajaran lalu mengajar kursus sarjana yang diminta arsitektur dan desain industri siswa.

Kursus ini mempelajari tentang perancangan habitat transit yang menyediakan lingkungan estetis dan fungsional untuk tinggal bertahun-tahun.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X