Kompas.com - 30/06/2016, 14:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SOLO, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Ngawi ruas Solo-Sragen yang dibuka sejak H-7 atau Rabu (29/6/2016) baru dilintasi pengguna kendaraan berpelat AD. 

Menurut Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya operator Tol Solo-Ngawi, David Wijayatno, para pengendara asal Solo itu ingin merasakan berkendara di ruas tol baru ini.

"Dari pantauan kami, ruas Solo-Sragen belum dilintasi pemudik ya. Karena mereka masih tersendat di barat. Sebagian besar yang memanfaatkan jalur ini justru orang-orang Solo," ujar David kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Kamis (30/6/2016). 

Kendati demikian, kata David, masyarakat Solo dan sekitarnya demikian antusias menyambut dibukanya ruas Solo-Sragen secara temporer ini. Pasalnya, jalur sepanjang 25 kilometer ini bisa mengurai kemacetan di jalur utama.

David mengimbau kepada para pelintas untuk tetap waspada dan memperhatikan rambu serta marka jalanan. 

Meskipun sudah dipasang rambu lalu lintas, penunjuk arah, hingga lampu penerang, namun ada beberapa spot yang harus diwaspadai.

Di beberapa spot terdapat elevasi beton dan lantai kerja (lean concrete) yang menyembabkan perbedaan ketinggian.

"Karena itu kami menyarankan pengguna jalan membatasi kecepatan kendaraan hanya sampai 40 kilometer per jam," sebut David.

Selain itu, pengguna jalan juga harus ekstra hati-hati saat melajukan kendaraannya karena ada 17 perlintasan yang masih digunakan oleh warga sekitar hingga saat ini.

Saksikan video perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.