Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Melintasi Empat Ruas Tol Ini Saat Mudik dan Balik Lebaran

Kompas.com - 28/06/2016, 23:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat ruas Jalan Tol Trans-Jawa ini bisa dilintasi oleh para pemudik secara gratis saat mudik dan balik Lebaran 2016.

Keempat ruas jalan tol tersebut adalah ruas Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo, ruas Solo (Kartosura)-Sragen yang merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi, ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara yang merupakan bagian dari Tol Kertosono-Mojokerto, dan ruas Bangil-Rembang yang merupakan bagian dari Tol Gempol-Pasuruan.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pembangunan ruas jalan tol Solo-Sragen, Jawa Tengah, difoto dari udara, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran.
Dibebaskannya para pemudik dari keharusan membayar tarif karena kondisi fisik keempat ruas tol tersebut masih belum sempurna laiknya jalan tol yang sudah diresmikan dan dioperasikan.

Direktur Teknik PT Solo Ngawi Jaya selaku pengelola Tol Solo-Ngawi, Thorry Hendrarto, mengatakan, ruas Solo-Sragen dibuka hanya untuk sementara selama 13 hari pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

"Saat ini kami fokus pada pelayanan untuk arus mudik dan balik Lebaran. Setelah itu, kami akan melanjutkan dan menyempurnakan pekerjaan fisik untuk kemudian ketika sudah rampung 100 persen akan kami ajukan untuk uji laik fungsi," jelas Thorry saat ditemui Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Minggu (26/6/2016).

Meskipun progres konstruksi telah mencapai 99 persen, kata Thorry, namun pihaknya harus meenyempurnakan hingga benar-benar bisa difungsikan guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik. 

Hal senada dikemukakan Proyek Manajer Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga Indriyono Darmawan. 

Kristianto Purnomo/Kompas.com Gerbang Mojokerto Barat dari ruas Jalan Tol Mojokerto Barat-Mojokerto Utara. Hingga Senin (27/6/2016), konstruksi baru mencapai 70 persen.
Menurut dia, kesiapan ruas tol sepanjang 17,57 kilometer ini sudah 98 persen dan diharapkan bisa menjadi alternatif jalur mudik dan balik.

Namun, kesiapan tersebut tentunya harus dikeluarkan oleh Tim Penilai yang terdiri dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kepolisian Resor Semarang, Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah.

"Ruas ini bisa digunakan bila kondisi lalu lintas di jalan utama macet parah. Kalaupun bisa dianggap bissa berfungsi, akan dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB," sebut Indriyono.

Demikian halnya dengan ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer. 

"Tim penilai yang akan mengevaluasi. Mereka juga yang menentukan apakah ruas ini laik fungsi atau tidak. Kami hanya menyiapkan kondisi fisiknya saja, termasuk rambu-rambu keselamatan," tutur Samsul, Kepala Divisi Pelaksana PT Marga Harjaya Infrastruktur.

Saksikan perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dalam video berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com