Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terganjal Urusan Lahan, Tol Bangil-Rembang Terancam Tak Bisa Difungsikan

Kompas.com - 30/06/2016, 10:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

REMBANG, KOMPAS.com - Masih diblokadenya Tol Gempol-Pasuruan ruas Bangil-Rembang hingga hari ini, memaksa PT Transmarga Jatim Pasuruan menunda fungsionalisasi jalan sepanjang 7 kilometer ini untuk jalur mudik dan balik Lebaran 2016.

Menurut Humas PT Transmarga Jatim Pasuruan, Rudi Purwanto, blokade tersbut tidak mungkin dibuka paksa. Karena itu, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Kepolisian setempat.

"Kami tidak bisa memastikan apakah ruas ini bisa dibuka atau tidak, karena masih terkendala blokade warga," ujar Rudi kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Kamis (30/6/2016). 

Lebih lanjut Rudi mengatakan, kendati urusan pembebasan lahan merupakan domain pemerintah, namun PT Transmarga Jatim Pasuruan tetap akan menggunakan pendekatan persuasif terhadap warga pemblokir jalan.

Sementara itu, Lutfi Musyaqqir, warga pemilik lahan seluas 8 hektar yang ikut memblokir ruas Bangil-Rembang menyatakan tidak akan membuka blokade hingga hak-haknya dipenuhi.

Baca: Warga Blokade Ruas Bangil-Rembang

"Kemarin polisi-polisi mendatangi saya. Tapi saya tetap teguh mempertahankan blokade ini. Karena hingga sekarang saya belum dibayar sepeser pun," ungkap Lutfi.

Dia menuturkan, lahan seluas 8 hektar miliknya punya bukti kepemilikan berupa girik, dan Akta Jual Beli (AJB). 

Kasus sengketa lahan ini, kata Lutfi, berlarut-larut. Terjadi sejak 1994 saat PT Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIR) tanpa seizin warga pemilik lahan di dua kecamatan Rembang dan Kraton menjualnya kepada pemerintah.

Namun, Lutfi tidak menuntut PIR. Dia menuntut PT Transmarga Jatim Pasuruan yang dituding lalai dalam klarifikasi bukti-bukti pertanahan milik warga. 

"Jadi, sampai kapan pun, saya akan tetap mempertahankan hak saya. Kalau mau ruas tol ini dibuka, penuhi dulu hak saya," pungkas Lutfi.

Simak perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com lintasi enam ruas tol baru berikut ini:

Kompas Video Menyusuri Tol Trans Jawa Mojokerto - Rembang

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com