Kompas.com - 29/06/2016, 01:05 WIB
Suasana ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran.
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KOMPAS.com - Musim mudik tinggal hitungan jam. Masyarakat dapat memanfaatkan dua ruas tol baru yang telah diresmikan yaitu Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) sepanjang 20,20 kilometer, dan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Mojokerto-Krian) sepanjang 18,47 kilometer.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membuka sementara empat ruas jalan Tol Trans Jawa pada tiga hari menjelang atau H-3 Lebaran.

Kristianto Purnomo/Kompas.com Kondisi aktual Tol Kertosono-Mojokerto ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara, Senin (27/6/2016). PT Marga Harjaya Infrastruktur akan menggenjot pembangunan demi bisa difungsikan saat mudik Lebaran 2016.
Ruas pertama adalah Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Mojokerto-Kertosono. Kedua, ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo.

Kemudian ruas Solo-Sragen sepanjang 25 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi. Selanjutnya, Tol Gempol-Pasuruan untuk ruas Bangil-Rembang sepanjang 7 kilometer.

Berhubung belum diresmikan dan beroperasi penuh, keempat ruas tol ini bisa dilintasi secara gratis oleh pemudik selama mudik dan balik Lebaran 2016.

Bagaimana kondisi empat ruas tol gratis tersebut?

Hilda B Alexander/Kompas.com Kondisi Gerbang Tol ruas Bangil-Rembang, Selasa (28/6/2016).
Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com menyusuri keempat ruas tol baru yang digratiskan tersebut selama sembilan hari, mulai Sabtu (25/6/2016). 

Konstruksi Ruas Bawen-Salatiga baru mencapai 47,5 persen. Namun demikian, PT Trans Marga Jateng selaku pengelolanya membangun jalur alternatif berupa wet lean concrete (WLC) yang kemajuannya sudah mencapai 98 persen.

Berikutnya adalah ruas Solo-Sragen dengan progres pembangunan mencapai 99 persen dan siap difungsikan selama perpindahan temporer kaum urban ke kampung halaman masing-masing.

Sebagian besar jalur sudah dibeton, sebagian lainnya atau spot-spot sisa masih berupa lantai kerja (lean concrete)

KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Kondisi aktual Jalan Tol Solo-Ngawi Ruas Solo-Sragen sepanjang 25 kilometer siap digunakan H-7 dan H 7 Lebaran mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
Selanjutnya ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara yang baru mencapai 70 persen dengan beberapa spot sudah dibeton (rigid), sebagian lainnya masih berupa lean concrete (lantai kerja).

Terakhir ruas Bangil-Rembang yang konstruksinya mencapai 93 persen. Betonisasi sudah hampir menyeluruh dari ruas tol ini.

Saksikan video perjalanan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com berikut ini:

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.