Diresmikan, Jalan Lingkar Sumpyuh Banyumas Siap Dilintasi Pemudik

Kompas.com - 22/06/2016, 23:24 WIB
foto udara jalan lingkar Sumpyuh di Banyumas, Rabu (22/6/2016). Kontributor Semarang, Nazar Nurdinfoto udara jalan lingkar Sumpyuh di Banyumas, Rabu (22/6/2016).
|
EditorHilda B Alexander

BANYUMAS, KOMPAS.com - Jalan Lingkar Sumpyuh (JLS) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah siap dilalui untuk arus mudik Lebaran 2016.

Jalur sepanjang 5,02 km itu diresmikan operasionalnya oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Rabu (22/6/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalan ini dibuat selebar 24 meter dengan total anggaran senilai Rp 86 miliar. JLS dibangun untuk mengatasi kemacetan di jalur pantai selatan Jawa, terutama di sekitar pintu perlintasan kereta api Sumpyuh, Kabupaten Banyumas.

Jalur itu juga difungsikan menghindarkan dari kecelakaan dari perlintasan kereta. Operasionalisasi JLS akan memangkas jarak waktu tempuh, terutama bagi pemudik yang melewati jalur Purwokerto menuju Kebumen atau Purworejo.

"Jalur mudik ini jangan khawatir, akan diantisipasi dengan pemasangan marka. Masyarakat diminta hati-hati," kata Ganjar, seusai peresmian jalan.

Menurut Ganjar, sebelum ada JLS, kemacetan di dua perlintasan kereta selalu terjadi. Hal itu karena frekuensi kereta di jalur selatan itu relatif tinggi. Pembangunan JLS pun dirancang untuk menghindari perlintasan pintu KA.

"Mudah-murahan dengan ini bisa memperlancar arus mudik. Ada dua perlintasan Kereta semua pasti macet, antre panjang, karena frekuensi lebih padat," kata dia.

JLS juga telah dipasangi rambu-rambu jalan, sehingga para pengendara bisa nyaman melalui jalur untuk kegiatan mudik.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan JLS Sumpyuh dirancang untuk menghindarkan dari pintu perlintasan kereta. Pembangunan JLS juga untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2016.

"Lingkar Sumpuh (Banyumas) yang akan diresmikan Gubernur kami buat agar tidak kena jalur kereta. Dua jalur kami sebelumnya di sana semuanya melintas di jalur kereta," kata Basuki, akhir pekan lalu di Semarang.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.