Lebih Praktis, Bayar Tol Cikampek-Cipali Bisa Pakai "E-Ticket" 4 Bank

Kompas.com - 18/06/2016, 13:02 WIB
|
EditorHilda B Alexander

BREBES TIMUR, KOMPAS.com - Dalam upaya melancarkan arus lalu lintas, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) fokus pada pelayanan pembayaran secara elektronik. Saat ini, ada 4 bank yang berpartisipasi dalam menyediakan tiket elektronik Jalan Tol Cikampek-Cipali.

"Dengan sistem ini dipakai maka sudah beres. Karena BCA masuk himbara (Himpunan Bank Milik Negara), sekarang sudah masuk semua untuk pembayaran di Cikampek-Cipali," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman usai sistem integrasi Jalan Tol Cikarang Utama-Palimanan dan Palimanan-Brebes Timur Kamis (16/6/2016).

Keempat bank tersebut adalah Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BCA. Dengan demikian, pengguna Tol Cikampek-Cipali bisa lebih praktis membayar jalan alternatif ini tanpa menggunakan uang tunai.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto mengatakan, salah satu tujuan integrasi tol ini adalah untuk mengarahkan pengguna membayar secara elektronik.

"Sebenarnya jadi lebih mudah, mobil lewat tinggal didebit. Memang ke depannya, difokuskan untuk electronic payment" jelas Hudaya.

Menurut dia, pembayaran elektronik juga akan mempercepat transaksi di gerbang tol. Terlebih, jika pengguna membayar tunai dan harus menunggu uang kembalian.

Meski demikian, Hudaya mengatakan tengah mempersiapkan uang pecahan untuk kembalian jika pengendara menggunakan uang tunai lebih.

Ia menyebutkan, tarif tol dari Cikarang Utama-Palimanan saat ini Rp 109.500. Karena jumlahnya tidak bulat, LMS harus menyiapkan uang pecahan Rp 500.

Berbeda jika dibandingkan sebelum integrasi dengan Tol Cikampek, tarif Tol Cipali saja Rp 96.000. Biasanya, LMS hanya menyiapkan pecahan Rp 2.000 untuk kembalian.

"Karena sekarang tarifnya Rp 109.500, kita tidak tahu nih pengendara akan pakai uang Rp 100.000 dua lembar, Rp 100.000 satu lembar ditambah selembar Rp 50.000, Rp 20.000 atau Rp 10.000. Jadi banyak kemungkinan," sebut Hudaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.