Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara "Eiffel Modern" Bakal Dihiasi 10 Dek Observasi

Kompas.com - 16/06/2016, 13:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Pembangunan menara pesaing Burj Khalifa setinggi 928 meter semakin mendekati kenyataan setelah baru-baru ini detail desain struktur tersebut muncul ke khalayak.

Struktur super jangkung ini serupa tunas dengan bentuk oval di bagian atasnya. Berada di pusat pengembangan Dubai Creek Harbour seluas 6 kilometer persegi.

Sebanyak 10 dek observasi termasuk The Pinnacle Room yang menawarkan pemandangan 360 derajat terhadap kota secara keseluruhan akan menghiasi "The Tower".

"Ini adalah mercusuar cahaya di malam hari dengan sistem pencahayaan yang akan membangkitkan fitur bunga mekar yang tampak melayang di atasnya," kata firma arsitektur Australia, Aurecon yang berkolaborasi dengan arsitek 'The Tower' Santiago Calatrava.

"The Tower" yang dijuluki Menara Eiffel abad 21 ini disebut-sebut memiliki fitur desain paling menakjubkan karena adanya kabel yang membentang dari atas menara hingga bagian bawah menara.

Bukan tanpa alasan jika Emaar Properties bangga terhadap proyek ini. Bahkan mereka memfokuskan diri menjadikan The Tower sebagai yang terbaik melalui komitmen kuat dalam hal efisiensi energi dan keberlanjutan, termasuk dengan sistem pendingin sebagai mitigasi panasnya iklim wilayah Timur Tengah.

Air yang dikumpulkan dari sistem ini juga digunakan untuk membersihkan fasad struktur. Lansekap elegan dan vegetasi di sekitar menara akan memberikan perlindungan dari sinar matahari.

"Selain itu sebuah sistem shading dan sayap pintu juga akan berkontribusi terhadap efisiensi energi," jelas Aurecon.

Di antara berbagai dek observasi di menara, terdapat dua dek observasi VIP yang dibuat untuk menciptakan kembali kemegahan Taman Gantung Babilonia.

Bangunan ini juga akan mencakup berbagai balkon yang memutar bagian luar fasad menara, hotel butik, dan beberapa ruang acara.

Pada level dasar, pusat plaza akan berfungsi sebagai pusat lingkungan dengan toko-toko ritel, museum, fasilitas pendidikan, dan auditorium dalam ruangan.

'The Tower' dijadwalkan resmi dibuka pada pertengahan 2020 untuk merayakan dimulainya Expo 2020 di Dubai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com