Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia dan Timur Tengah Paling Banyak Bangun Pencakar Langit

Kompas.com - 26/01/2016, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2016 Dubai akan menjadi tempat penyelesaian dua gedung supertall, yakni Marina 101 dan The Address Residences The BVLD.

Hal ini makin membuat Dubai sebagai salah satu kota dengan jumlah gedung ikonik dan tertinggi terbanyak di dunia.

Menurut The Council on Tallas and Urban Habitat (CTBUH) kedua gedung itu masuk ke dalam 10 gedung paling jangkung yang selesai dibangun tahun ini.

Marina 101 dirancang sejangkung 427 meter dan terdiri dari 101 lantai. Gedung ini merupakan proyek milik Sheffield Holdings Limited di Dubai Marina.

Ketinggian tersebut menempatkan Marina 101 di posisi lima dari 10 gedung tertinggi yang selesai pada 2016.

"Kami berharap bisa melakukan serah terima proyek pada April 2016," kata Ketua Umum Sheffield Holdings Limited, Abuali Malik Shroff kepada Emirates 24|7, Minggu (24/1/2016).

Sementara itu The Address Residences The BVLD yang dulu disebut The Address The BLVD dibangun oleh Emaar Properties.

Gedung ini terdiri dari 72 lantai dengan total tinggi 368 meter. Ketinggian itu membuat The Address Residences The BVLD berada di posisi sembilan dalam daftar 10 gedung tertinggi di dunia yang selesai tahun ini.

"Semua pengerjaan beton telah selesai, progres pengerjaan elektromekanik telah sampai lantai 67, dan pengerjaan fasad sudah sampai lantai 71," tulis situs resmi Emaar Properties.

Emaar Properties juga melansir, dua menara di puncak gedung sedang dibangun dan sama halnya dengan kolam renang yang sedang dalam tahap pembangunan.

Proyek The Address Residences The BVLD dijadwalkan selesai pada Agustus 2016.

Kendati demikian, CTBUH mengungkapkan mayoritas penyelesaian gedung supertall akan berada di China.

Gedung tertinggi 2016 akan jatuh ke tangan Ping An Finance Center di Shenzhen yang mengangkasa 599 meter dan terdiri dari 115 lantai.

Tempat kedua akan diisi oleh Goldin Finance 117 di Tianjin setinggi 597 meter dalam 128 lantai. Tepat di belakangnya ada Lotte World Tower Seoul yang terdiri dari 123 lantai dengan total tinggi 555 meter.

Posisi keempat ditempati oleh Guangzhou CTF Finance Centre di Guangzhou dengan tinggi 530 meter yang terdiri dari 111 lantai.

Di tempat keenam ada Eton Place Dalian Tower 1 di Dalian yang terdiri dari 80 lantai setinggi 383 meter. Tempat ketujuh menjadi milik Federation Towers-Vostok Tower di Moskow setinggi 374 meter terdiri dari 95 lantai.

Posisi kedelapan ditempati oleh Dalian International Trade Center di Dalian dengan tinggi 370 meter dan memiliki 86 lantai.

Tempat paling buncit atau kesepuluh dihuni oleh Hon Kwok City Center di Shenzhen yang memiliki 80 lantai dengan total tinggi 329 meter.

Berikut infografis proyek pencakar langit Jakarta:

Stephanie Tanata dan Lilyana Tjoeng/Kompas.com Jakarta Semakin Menjulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com