Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Menara Eiffel Abad 21 Lebih Tinggi 100 Meter dari Burj Khalifa

Kompas.com - 08/06/2016, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Terungkap sudah berapa ketinggian The Tower, nama sementara untuk struktur super tinggi baru yang akan dibangun di Dubai demi menyaingi gedung tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa.

Emaar Properties, pengembang properti terbesar di Dubai yang juga jadi sosok di balik pembangunan Burj Khalifa akan membangun The Tower.

Menara ini berada di area pengembangan Dubai Creek Harbour seluas 6 kilometer persegi.

Pembangunannya akan dimulai pada Juli 2016 dan telah dikonfirmasi bakal lebih tinggi 100 meter dari Burj Khalifa yang menjulang 828 meter.

Di dalam The Tower terdapat butik hotel, beberapa taman, restoran, dek observasi, dan ruang serbaguna.

"Plaza ini akan jauh lebih besar dari plaza pusat kota karena ukuran menara yang tipis. Tetapi apa yang akan kita lakukan dengan plaza dan bagaimana kita mempercantiknya merupakan pekerjaan yang perlu penuh perhatian," jelas Direktur Utama Emaar Properti, Mohammed Alabbar.

Tidak seperti Burj Khalifa, menara baru senilai 1 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 13,4 triliun ini tidak akan menjadi pencakar langit tradisional.

Rancangannya didukung kabel di puncaknya serta memiliki fitur taman dek observasi yang dihiasi pohon dan tanaman hijau di sekitarnya.

Alabbar kemudian menyebut struktur rancangan arsitek Spanyol-Swiss, Santiago Calatrava Valls ini sebagai Menara Eiffel abad 21 yang menarik minat wisatawan dan pembeli properti untuk rela membayar mahal apartemennya.

Pembangunannya dijadwalkan rampung bersamaan dengan Dubai menjadi tuan rumah World Expo pada 2020. Emaar Properties mengikuti strategi yang sama ketika membuka Burj Khalifa pada 2010.

Struktur pencakar langit baru ini diapit oleh kompleks apartemen yang beberapa di antaranya masih dibangun, serta hotel, restoran, juga salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia.

Menara baru ini belum bisa menyaingi Jeddah Tower setinggi 1 kilometer yang rencananya selesai dibangun pada 2019 dan digadang-gadang bakal menjadi gedung terjangkung di dunia menggeser Burj Khalifa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com