Kompas.com - 07/06/2016, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Di tengah sebuah kota baru yang padat penduduk yakni Punggol, Singapura, Masjid Al-Islah seluas 3.700 meter persegi dirancang untuk melayani komunitas Muslim lokal dengan kapasitas 4.500 jamaah.

"Kami mencari gagasan tentang 'Masjid Terbuka'. Sebagai bagian integral dari masyarakat Punggol, masjid baru ini bercita-cita menjadi model keterbukaan, reflektif dengan aspirasi Islam kontemporer di Singapura," ujar Formwekz Architects.

Ide keterbukaan ini melampaui manifestasi poros visual, aksesibilitas dan keterbukaan iklim, dengan merangkul kebutuhan yang berbeda dalam komunitas Muslim.

Kebutuhan ini terutama berada di tingkat masyarakat yang lebih besar, dalam menyikapi peran masjid untuk mempromosikan pemahaman agama.

Ambisi keterbukaan tersebut sempat menimbulkan banyak tantangan dalam pandangan situs yang ketat dan jarak kedekatannya dengan hunian tetangga.

Poros fisik memungkinkan koneksi visual lingkungan dan memperluas bidang spasial luar batas. Desain ini juga menawarkan banyak manfaat dari ventilasi dan pencahayaan.

Namun, di sisi lain, keterbukaan pun menimbulkan tantangan atas perlindungan masjid dari hujan.

"Kami mengusung ruang yang tebal dan terbuka di lantai dasar yang sedikit lebih tinggi dari ruang ibadah utama," sebut arsitek.

Ruang ibadah dengan sisi terbuka, terlindung dari cuaca oleh kanopi menjorok, seperti atap besar.

Tanpa dinding batas dan dinding yang minimal, ruang ibadah secara visual dan fisik bisa diakses dari semua sisi.

Di lingkungan masjid ini juga terdapat Learning Islamic Centre dan kantor administrasi yang terhubung dengan lanskap utama.

Sejalan dengan itu, lanskap ini cocok sebagai area luar untuk acara dan kegiatan yang melayani fungsi pembelajaran atau ibadah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.