Apartemen Sewa Khusus Ekspatriat Jepang Rp 20 juta Per Bulan

Kompas.com - 29/05/2016, 13:28 WIB
Ilustrasi apartemen thinkstockIlustrasi apartemen
|
EditorHilda B Alexander

BEKASI, KOMPAS.com - Ekspatriat atau pekerja asing di Cikarang, Bekasi, kian bertambah tiap tahunnya. Jika pada 2015 kemarin tercatat ada 12.000 orang, saat ini diperkirakan jumlahnya lebih kurang 15.000 orang.

Pertambahan eskpatriat itu tak terlepas dari banyaknya perusahaan internasional yang berada di Koridor Timur tersebut.

Cikarang merupakan rumah bagi 1.650 perusahaan, baik lokal maupun multinasional. Jumlah 15.000 ekspatriat itu diperkirakan datang dari lebih dari 30 negara yang ada di Cikarang.

Dari jumlah tersebut, sepertiganya atau sebanyak 5.000 orang berasal dari Jepang. Oleh sebab itu, saat ini banyak pengembang yang membangun hunian vertikal atau apartemen untuk para ekspatriat, terutama dari Jepang.

Salah satunya adalah Mustika Land Development yang mengembangkan Mustika Golf Residence (MGR) di Kawasan Jababeka.

"Pasokan apartemen servis di Cikarang masih sedikit sedangkan permintaan hunian ekspatriat dengan standar premium sangat tinggi, sehingga potensi pasar sewa sangat besar," ucap Direktur Utama Mustika Land Development, David Sudjana, di Cikarang, Bekasi, Sabtu (28/5/2016).

Sebagai acuan, lanjut David, sewa apartemen servis seluas 39 meter persegi dipatok sekitar Rp 29 juta per bulan.

MGR yang sengaja dipasarkan untuk investor guna disewakan kembali ke eskpatriat Jepang itu menyediakan tiga tipe, yakni studio, satu kamar tidur, dan dua kamar tidur.

Tipe studio seluas 24 meter persegi dipatok seharga mulai dari Rp 500 juta. Sedangkan tipe satu kamar seluas 35 meter persegi dan dua kamar berdimensi 44 meter persegi dijual dengan harga mulai dari Rp 1 miliar.

David menilai, karena potensi pasar sewa apartemen tinggi, dia yakin harganya pun bisa meningkat.

"Dengan rental rate 2.000 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 27,3 juta per bulan, maka investor akan mendapat return on investment (ROI) sebesar 12 sampai 16 persen tiap tahunnya," tambah dia.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X