Kompas.com - 22/05/2016, 08:11 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengubah kota besar di Indonesia menjadi ekologis, ada tantangannya.

Selain tidak bisa dilakukan perseorangan, misalnya arsitek saja atau kelompok-kelompok tertentu, juga harus melibatkan semua pihak.

Ia mencontohkan kesalahan yang dibuat oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok soal reklamasi.

"Reklamasi kalau tidak diributkan, kita tidak tahu gubernur kita tahu benar apa pura-pura tidak tahu, kalau di sana sudah ada bangunan. Katanya, tiap bulan ketemu pengembang," ujar arsitek atau perencana kota dari Rujak Center for Urban Studies Marco Kusumawijaya di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Marco menyayangkan kejadian ini. Pasalnya, di salah satu pulau reklamasi justru sudah ada bangunan, padahal perizinannya tidak jelas.

Klaim Ahok yang selalu bertemu dengan pengembang setiap bulan juga dianggap sebagai tindakan kurang tepat.

Sama kelirunya saat Ahok tidak mengajak pihak-pihak terkait lainnya, seperti nelayan, untuk duduk dan berpikir bersama.

"Itu harus didengar juga pendapatnya. Berbahaya kalau buat keputusan penting dan kritis, tapi hanya atas dasar pandangan yang sempit bagi sebagian kecil orang saja," tambah Marco.

Intinya, menurut dia, semua pihak harus mau berubah bersama-sama. Dalam proses membangun kota, dibuat mengajak sebanyak mungkin orang untuk terlibat. Dengan begitu, orang-orang akan merasa memiliki.

Kemudian, jika masyarakat merasa memiliki, dengan sendirinya mereka akan berbuat yang terbaik untuk kotanya tanpa harus disuruh-suruh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.