Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Australia Dijual Rp 10 Miliar

Kompas.com - 18/05/2016, 14:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Di Sydney, Australia, uang sejumlah 750.000 dollar AS (Rp 10 miliar) bisa digunakan untuk membeli unit apartemen kecil di dalam kota.

Di Melbourne, uang ini bisa membayar dua kamar tidur townhouse. Namun di Queensland, Anda bisa menggunakan uang itu untuk membeli seluruh isi kota.

Kota yang memiliki 16 rumah, memang diperuntukan bagi siapa saja yang ingin membelinya.

Bahkan, menurut agen properti Sutton Nationwide Realty, Julie Sutton pilihan untuk properti ini tidak terbatas.

"Siapa pun yang membelinya dan berkeinginan untuk melakukan eksperimen kepada kota ini, kemungkinannya benar-benar tak ada habisnya," kata dia.

Dekat Monogorilby, pusat kota Queensland, hanya 58 kilometer dari Mundubbera dan 373 kilometer dari Brisbane. Kota ini dilengkapi dengan sejumlah fitur.

Masing-masing dari 16 rumah tersebut merupakan kombinasi dari dua, tiga, dan empat kamar tidur. Kota ini juga sudah mencakup jalan-jalan, lampu jalan, dan fasilitas umum.

Ada pula sebuah ruang sekolah tua yang cocok untuk gelaran acara atau pertemuan masyarakat, dan bendungan raksasa penuh ikan dan udang karang air tawar.

Sutton mengatakan setengah dari rumah tersebut saat ini dihuni, sehingga pembeli kota bisa hidup dari penghasilan tersebut atau mengembangkan properti apa pun yang diinginkan.

 "Bendungan ini bisa diatur sebagai taman, atau digunakan untuk festival musik, semuanya seluas 161.874 meter persegi," sebut Sutton.

Pabrik gergaji sudah dinonaktifkan. Namun, Sutton mengatakan pabrik ini bisa dibuka kembali untuk vendor-vendor lain.

Selain itu, kota ini juga dilengkapi dengan peralatan komersial yang cukup untuk melakukan beberapa pekerjaan/tugas berat.

Pertama kali dipasarkan tahun lalu dengan nilai 2,1 juta dollar oleh sepasang suami dan istri. Harga ini kemudian turun menjadi 1,5 juta dollar.

Tidak sampai sana, setelah kematian suaminya, sang istri memutuskan untuk kembali memangkas setengah harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com