Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aqua Japan Lipatgandakan Kapasitas Pabrik Cikarang

Kompas.com - 17/05/2016, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen peralatan elektronik asal Jepang PT Aqua Japan Indonesia berambisi masuk jajaran tiga besar di Indonesia.

Berbagai inovasi pun diluncurkan. Produk-produk terbarunya antara lain, Mesin Cuci Hijab Series, mesin cuci berukuran telapak tangan Coton, dan mesin cuci tanpa air Racoon.

Selain itu, mereka membidik peningkatan kapasitas pabrik di Cikarang, sebesar dua kali lipat. Saat ini, kapasitas pabrik tersebut mencapai satu juta unit per tahun.

"Akan ada penambahan (kapasitas pabrik) karena target market share 2018 menjadi tiga besar, maka harus sesuai dengan jumlah. Kalau kita lihat, bisa dobel," ujar Executive General Manager Sales and Distribution Aqua Japan Indonesia Fajar Surya kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Fajar mengatakan, Cikarang merupakan pabrik utama yang memproduksi kulkas. Hasil produksi ini diekspor ke berbagai negara, terutama di Asia dan juga Afrika.

Sementara untuk mesin cuci diproduksi di Vietnam dan China. Adapun barang-barang lainnya, termasuk produk baru, diproduksi di Jepang.

Menurut Fajar, hal ini adalah cara untuk menguatkan Aqua Jepang dalam berbisnis, karena pabrik yang tersebar, saling mendukung.

Aqua Japan telah berada di Indonesia sejak 1970 dengan merek Sanyo. Pabriknya di Cikarang sudah beroperasi sejak 1996 dengan memproduksi lemari pendingin atau kulkas.

Saat ini, Aqua memiliki 141 pusat servis dengan periode garansi lebih lama. Untuk kategori kulkas inverter, masa garansi sampai dengan 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com