Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Baru, Mesin Cuci Tanpa Air!

Kompas.com - 16/05/2016, 22:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, kita sangat tergantung pada air untuk mencuci pakaian. Namun, Aqua Japan melahirkan inovasi baru, yakni mesin cuci tanpa air. Produk baru ini diberi nama Racoon.

"Racoon bukan dry wash, melainkan menggunakan udara yang mengandung ozon," ujar President Director Aqua Japan Indonesia Kenji Sadayuki di Jakarta, Senin (16/5/2016).

Dengan teknologi ozon seperti penguapan, mesin cuci ini bisa menghilangkan bau tidak sedap.

Tidak hanya itu, mesin ini juga memungkinkan penggunanya menambahkan parfum sendiri. Proses pemutarannya hanya 10 menit.

Oleh sebab itu, pengguna bisa mendapatkan baju dengan wangi parfum yang biasa digunakan.

Racoon ini baru akan tersedia di pasaran pada akhir tahun. Harganya pun belum bisa dipastikan karena masih dikalkulasi.

Aqua Japan telah berada di Indonesia sejak 1970 dengan merek Sanyo. Pabriknya di Cikarang sudah beroperasi sejak 1996 dengan memproduksi lemari pendingin atau kulkas.

Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 1 juta unit per tahun untuk pasar Indonesia. Selain memenuhi pasar domestik, kulkas dan mesin cuci ini juga diekspor ke Jepang, Asia dan Afrika.

Saat ini, Aqua memiliki 141 pusat servis dengan periode garansi lebih lama. Untuk kategori kulkas inverter, masa garansi sampai dengan 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com