Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas Penjara "Gangster" Inggris Disulap Jadi Hotel Mewah

Kompas.com - 11/05/2016, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan dan kantor polisi sekaligus penjara bernama The Old Street Magistrate di London, Inggris, baru-baru ini telah ditransformasi menjadi sebuah hotel mewah.

Hotel mewah tersebut diberi nama Courthouse Hotel dan menghabiskan biaya investasi senilai 57,6 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau ekuivalen Rp 762,7 miliar.

Courthouse Hotel dilengkapi dengan bioskop berkapasitas 196 kursi, arena bola gelinding, restoran mewah, kolam air hangat dalam ruang, dan spa mewah.

Salah satu kamar di dalam Courthouse Hotel.

Bangunan tersebut telah menjadi pengadilan dan kantor polisi semenjak tahun 1903 sampai dengan 1996.

Kamar-kamar mewah di dalam Courthouse Hote sendiri mengambil tempat sel-sel penjara yang pernah ditempati gangster bersaudara Ronnie dan Reggie Kray.

Gedung itu juga menjadi tempat beberapa kasus diperkarakan, misalnya kasus Joe Orton, seorang dermawan sekaligus penulis yang dituduh mencuri buku-buku dari Perpustakaan Islington.

Tiga daerah induk dalam Courthouse Hotel bahkan dinamakan sesuai dengan penjahat lokal dan beberapa di antara kamar-kamarnya masih memiliki fitur pintu logam.

Area bowling di dalam Courthouse Hotel.

Ketika penggunaannya sebagai pengadilan dan kantor polisi ditutup, gedung itu digunakan sebagai latar film seperti Spooks dan Luther untuk semakin memperkuat nuansa film kriminal masa lalu dan sejenisnya.

Bagi pengunjung yang ingin mengambil seluruh kemewahan dalam sel penjara, pihak pengelola Courthouse Hotel menawarkan Shoreditch Sky Terrace Suite.

Shoreditch Sky Terrace Suite merupakan dua tempat tinggal dengan satu kamar tidur yang menghadirkan pemandangan cakrawala London. Masing-masing unitnya memiliki bar pribadi dan bioskop mini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com