Tamu Hotel Bintang Tiga Didominasi Kalangan Milenial Domestik

Kompas.com - 29/04/2016, 14:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel bintang tiga Red Planet mencatat pertumbuhan okupansi yang tinggi selama 2015. Hal ini, menurut Presiden Direktur PT Red Planet Indonesia Suwito, jauh berbeda dibandingkan hotel-hotel bintang empat dan lima.

"Pertumbuhan hotel kita kebanyakan turis domestik generasi milenial sampai 90 persen. Tidak banyak tergantung pada turis asing dari negara lain," ujar Suwito saat acara Hospitality Investment Conference Indonesia, di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Dibandingkan dengan 2015 secara tahunan, ia menyebutkan, tingkat okupansi naik sebanyak 16 persen.

Sementara jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2015, tingkat okupansi naik sebanyak 10 persen.

Suwito menjelaskan pertumbuhan ini membuktikan bahwa hotel dengan kelas ekonomi semakin diminati. Ia memprediksi, tren hotel ekonomi bakal terus meningkat sangat dibutuhkan.

Menurut dia, naiknya pamor hotel bintang tiga ini disebabkan perekonomian 2015 yang tengah melambat. Orang-orang pun mulai mencari hotel yang lebih murah dan tinggal di kelas ekonomi.

"Tapi kenaikan hotel ekonomi ini juga sejalan dengan kelas penerbangan ekonomi yang semakin diminati. Orang-orang yang memilih penerbangan murah, biasanya juga mencari hotel ekonomi," jelas Suwito.

Para tamu didominasi oleh kalangan milenial yang lebih sadar terhadap kemudahan, biaya, dan teknologi.

Dengan menggunakan teknologi yaitu pemesanan melalui aplikasi, akan menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.