Ciputra, di Antara Megaproyek Reklamasi, Warisan Karya, dan Putera Mahkota

Kompas.com - 25/03/2016, 12:46 WIB
Ciputra HBA/Kompas.com Ciputra
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok satu ini merupakan begawan properti paling berpengaruh di Indonesia. Dialah Ciputra.

Kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 ini mewarisi karya yang kelak menjadi cikal bakal kawasan-kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Sebut saja BSD City, CitraRaya Tangerang, Taman Impian Jaya Ancol, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, dan proyek-proyek skala kota lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ciputra adalah pembaru yang gagasan, pemikiran, terobosan, dan inovasinya melampaui zamannya.

"Sosok yang menginspirasi, panutan, dan pembimbing yang handal," sebut Business Development Manager Ciputra Group, sekaligus cucu Ciputra, Cipta Harun.

Selama lebih dari lima dekade pergulatannya dengan bisnis properti, Ciputra telah membangun tiga imperium yakni Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Sembilan di antara anak-anak usaha ketiga "pohon bisnis" ini merupakan perusahaan terbuka.

Kinerja keuangan ketiganya terus memperlihatkan grafik menanjak. Laba bersih yang dicetak per 31 Desember 2015 senilai Rp 4,9 triliun dari pendapatan Rp 33,3 triliun.

Laba bersih dan pendapatan ini melonjak 18,3 persen dan 15,71 persen dari catatan tahun sebelumnya. Sementara total kapitalisasi pasar menyentuh angka Rp 75,7 triliun. 

www.ciputraworldjakarta.com Ciputra World Jakarta
Selain dikenal sebagai taipan properti ulung, suami Dian Sumeler ini juga populer sebagai filantropis yang bergerak di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Karena kiprah dan pemikiran-pemikirannya inilah Channel News Asia memberikan apresiasi kepada Ciputra berupa "Lifetime Achievement Luminary Award 2013". (Baca: Ciputra, Orang Indonsia Pertama Peraih "Luminary") 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X