Mungkinkah Bikin Taman di Apartemen? Bisa Saja, Begini Caranya...

Kompas.com - 09/03/2016, 13:00 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Mungkinkah membuat taman di apartemen? Padahal, lahan untuk membuat taman di hunian vertikal sangat terbatas.

Namun, tidak ada kata tidak mungkin bila niat sudah bulat untuk mendapatkan lahan hijau meski sangat terbatas.

Penelitian Prof Wee Chin Yeow, ilmuwan di Singapore Trees membuktikan, setiap pohon di suatu area dapat memberikan suplai oksigen dan juga mereduksi karbondioksida dari polusi di sekitarnya.

Kebutuhan untuk mengurangi karbondioksida di sekitar hunian bisa diantisipasi dengan menanam pohon, termasuk di hunian vertikal.

Umumnya, pada pohon kecil dengan luas 37,5 meter persegi dapat menghasilkan oksigen sebanyak 0,425 kilogram per jam, serta mereduksi karbondioksida sebanyak 0,575 kilogram per jam.

Sementara itu, pohon berukuran sedang dengan luas 75 meter persegi dapat menghasilkan oksigen sebanyak 0,85 kilogram per jam serta mereduksi karbondioksida sebanyak 1,115 kilogram per jam.

Pohon berukuran besar dengan luas 150 meter persegi menghasilkan oksigen 1,7 kilogram per jam dan mereduksi karbondioksida sebanyak 2,3 kilogram per jam.

Lantas, bagaimana membuat taman di apartemen?

Anda dapat memanfaatkan area balkon yang berukuran 1 meter x 1,5 meter. Memang, di area ini tidak mungkin menanam pohon besar atau tanaman berkayu. Tapi, sebagai gantinya, Anda bisa menanam tanaman lebih kecil atau tanaman merambat.

Sebelum itu, pastikan jenis tanaman dengan perawatan mudah dan sederhana seperti cukup disiram secara rutin. Jenis tanaman yang dapat dipilih adalah tanaman ringan, mudah ditanam secara vertikal, serta efektif menahan debu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber IDEA

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.