Kompas.com - 29/02/2016, 15:20 WIB
Progres pembangunan proyek Tol Trans Sumatera ruas Tol Medan-Binjai, Senin (29/2/2016). Arimbi Ramadhiani/Kompas.comProgres pembangunan proyek Tol Trans Sumatera ruas Tol Medan-Binjai, Senin (29/2/2016).
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Trans Sumatera berperan penting dalam meningkatkan konektivitas antar-wilayah dan mengurangi biaya logistik.

Ruas jalan tol ini juga dapat menurunkan tingkat kemacetan di Sumatera yang pada titik-titik tertentu sudah demikian padat dan tak terkendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Arus lalu lintas Medan-Binjai terpadat dengan volume Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) tertinggi di Sumatera. Disusul Palembang-Indralaya, dan Lampung," Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini di Medan, Senin (29/2/2016).

Hediyanto menuturkan, LHR keseluruhan di Sumatera adalah 20.000 unit. Dari total ini, ada daerah yang memiliki LHR 16.000-17.000 unit. Namun ada pula yang memiliki LHR di atas 25.000 unit.

Untuk mengurai kemacetan, pemerintah tengah menyelesaikan pembangunan dua ruas jalan tol di Provinsi Sumatera Utara yakni ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan ruas tol Medan-Binjai.

Kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari 25 ruas Jalan Tol di Pulau Sumatera yang akan dibangun sepanjang 2.819 kilometer.

Pembangunan Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dilakukan oleh Pemerintah melalui pendanaan APBN Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol yakni PT Jasa Marga Kualanamu Tol.

Dukungan pemerintah diperlukan pada ruas-ruas tol yang semula tidak layak secara finansial menjadi layak untuk ditawarkan pengusahaannya kepada badan usaha. Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi ini memiliki total panjang 61,70 kilometer.

Seksi Tanjung Morawa (Medan)-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,80 kilometer pembangunannya dilakukan oleh Pemerintah. Sisanya, sepanjang 43,90 kilometer akan dibangun oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol  yang dibagi dalam 2 Seksi yaitu Seksi I Perbarakan-Lubuk Pakam, dan Seksi II Lubuk Pakam-Tebing Tinggi.

Enam persen

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.