Kompas.com - 26/02/2016, 15:15 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi sudah Rancangan Undang Undang (RUU) Tabungan perumahan rakyat (Tapera) menjadi Undang Undang (UU) pada Selasa (23/2/2016) lalu.

Disahkannya UU Tapera adalah untuk merealisasikan Pasal 28H ayat (1) Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Pemenuhan kebutuhan rumah dan penyelenggaraan sistem pembayaran rumah menjadi dua hal yang selalu beriringan menghiasi lika-liku pemerintah dalam mengurangi backlog rumah 13,5 juta unit.

UU Tapera pun diharapkan dapat menjadi jawaban atas masalah pembiayaan yang selama ini merintangi pemenuhan kebutuhan rumah masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

UU Tapera terdiri dari 12 Bab dan 82 pasal yang mengatur mulai dari Ketentuan Umum hingga Ketentuan Peralihan Tapera.

Definisi Tapera sendiri dalam Ketentuan Umum yang ada di Pasal 1 UU Tapera adalah penyimpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jangka waktu tertentu yang hanya dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan dan/atau dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah kepesertaan berakhir.

Selain itu, pasal 1 UU Tapera juga mengatur tentang dana Tapera, peserta Tapera, definisi pekerja, pemberi kerja, pekerja mandiri, Komite Tapera, Badan Pengelola Tapera, dan ketentuan umum lainnya.

"Peserta Tapera yang selanjutnya disebut Peserta adalah setiap warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan yang telah membayar simpanan," bunyi pasal 1 nomor tiga UU ini.

Definisi di atas mencantumkan bahwa WNA yang memegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan yang telah membayar simpanan bisa menjadi peserta.

Hal itu menimbulkan tanya berkaitan dengan Pemanfaatan Dana Tapera yang tercantum dalam Pasal 24 UU Tapera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.