Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75 Persen Anggota REI Pengembang Menengah-Bawah

Kompas.com - 16/02/2016, 17:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Real Estat Indonesia (REI) Hari Raharta Sudradjat mengungkapkan 75 persen dari total 3.000 pengembang aktif di seluruh Indonesia, merupakan kelas menengah ke bawah. 

"Mereka tergabung ke dalam 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD)," ujar Hari saat berkunjung dan bertemu CEO Kompas Gramedia Group Liliek Oetama di Palmerah, Jakarta, Selasa (16/2/2016). 

Hari mengatakan, tahun ini merupakan kesempatan bagi seluruh pengembang anggota DPP REI untuk meningkatkan kapasitas, pengalaman, dan keahlian seiring berlakunya pasar tunggal Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

Pasalnya, DPP REI akan menyelenggarakan "Property Summit" pada April 2016 mendatang. Gelaran yang dikemas dalam konsep business to business menawarkan sejumlah peluang investasi di sektor properti di seluruh wilayah Indonesia. 

"Pergelaran kali ini juga akan diikuti oleh sejumlah peserta. Tidak hanya para pengembang, melainkan industri ikutan. Waktu tepatnya sedang didiskusikan," tutur Hari.

Sebagaimana diketahui, lanjut dia, sektor properti melibatkan setidaknya 174 industri. Di antaranya industri home appliance (perlengkapan rumah tangga), material bangunan, jasa broker, arsitek, dan lain-lain.

Baca juga: REI Gelar Property Summit


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com