Punya Hobi Corat-Coret? Manfaatkan Taman Graffiti di Kota Bogor

Kompas.com - 10/01/2016, 11:19 WIB
|
EditorHilda B Alexander
BOGOR, KOMPAS.com - Untuk menyalurkan aspirasi lewat coretan dan menekan aksi vandalisme, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membangun Taman Graffiti atau Taman Corat-Coret yang diresmikan pada Minggu (10/1/2016).  

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, tujuan dibangunnya Taman Corat-Coret ini adalah untuk menampung aspirasi anak-anak muda lewat gambar.

Berbeda dengan Taman Ekspresi yang peruntukannya lebih luas, yakni bisa digunakan untuk melakukan aksi puisi, orasi dan kesenian.

"Taman Graffiti khusus untuk corat-coret supaya bisa mengurangi vandalisme. Kalau masih ada yang corat coret di tempat umum, itu tindak kriminal dan akan kami tindak sesuai aturan yang berlaku," kata Bima.

Bima menuturkan, anak muda Bogor bebas menyalurkan berbagai aspirasi, keluhan, protes, dan lain sebagainya lewat gambar atau karikatur di taman ini tanpa harus dikejar-kejar petugas keamanan dan ketertiban. 


Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Riyanto menambahkan, Taman Corat-Coret dibangun di atas lahan seluas 430 meter persegi, dan dikelola oleh DKP Kota Bogor.

Terdapat 31 dinding atau kanvas beton yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aksi vandalisme legal.

Saat ini sudah terdaftar enam komunitas graffiti yang sudah menunjukkan aksinya yakni Mata Kiri, Taboo, Derau, RCS, Coffer Star dan Skatching Sunda, nanti akan nambah serta bergabung sendiri.

"Kami harapkan ke depannya, lebih banyak lagi komunitas yang mendaftarkan diri ke DKP Kota Bogor," imbuh Irwan.

Rencananya, setelah Taman Corat-Coret akan ada taman-taman lainnya yang dibangun di wilayah Kota Bogor.

"Setiap tahun akan dibangun satu atau dua taman," pungkas Irwan.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.