Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Dua Anak Pengaruhi Sektor Properti China

Kompas.com - 21/11/2015, 19:14 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Sejak diterapkannya kebijakan satu anak pada akhir tahun 1970-an, tingkat kelahiran di China menjadi rendah.

Laporan Pengembangan Sosial dan Populasi 2014 rilisan Komisi Reformasi dan Pengembangan Nasional pada 31 Juli 2015 silam menunjukkan penurunan tingkat kelahiran dari 2,33 persen menjadi 1,21 persen sejak 27 tahun terakhir.

Angka itu merupakan salah satu yang terendah di Asia dan bahkan juga lebih rendah dari Amerika Serikat dengan tingkat kelahiran mencapai 1,3 persen.

Di sisi lain, China kini memasuki era "masyarakat tua." Menurut data Biro Statistik Pemerintah, ada 202 juta orang berusia 60 tahun ke atas pada tahun 2013.

Jumlah itu merupakan 14,9 persen dari total populasi China dan semakin meningkat menjadi 212 juta orang pada tahun 2014 atau 15,5 persen dari total populasi penduduk. Situasi ini tentunya semakin mengkhawatirkan bagi negeri tirai bambu tersebut.

Akibatnya, jumlah tenaga kerja pun ikut menurun. Selama tiga tahun, dari 2012 hingga 2014, jumlah tenaga kerja dengan rentang usia 16-60 tahun turun menjadi hanya 9,6 juta orang.

china daily Properti China.
Keluarga Berencana

Keluarga berencana merupakan masalah jangka panjang yang membutuhkan banyak waktu sebelum bisa menunjukkan manfaatnya, meskipun dalam hal itu pemerintah sangat mendukung.

China telah memperkenalkan kebijakan percontohan pada 2013 dengan memungkinkan pasangan untuk memiliki dua anak dari sebelumnya satu anak.

Komisi Perencanaan Kesehatan dan Keluarga Nasional pernah memperkirakan 11 juta pasangan usia subur akan melahirkan 1 sampai 2 juta bayi tiap tahunnya, namun angka sebenarnya justru menunjukkan kebalikannya.

Rendahnya tingkat kesadaran terhadap kebijakan percontohan itu membuat pemerintah harus memberikan dukungan lebih kepada rakyatnya.

Misalnya dengan meningkatkan perawatan kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, dan paling penting hukou atau status kediaman resmi untuk menjadikan kebijakan itu efektif.

Kebijakan dua anak tiap keluarga diperkirakan akan memberikan 5 juta sampai 6 juta kelahiran bayi tiap tahunnya.

www.shutterstock.com Ilustrasi.
Konsep pengembangan

Namun, berdasarkan kebijakan percontohan sebelumnya, pemerintahan China akan mengantisipasi peningkatan total kelahiran baru dari 16 juta ke 19 juta pada 2016.

Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com