Kompas.com - 16/11/2015, 11:41 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Malaysia kembali menunjukkan hegemoninya atas Indonesia dalam perkara pembangunan properti, khususnya gedung pencakar langit.

Negara ini baru saja melansir Naza Tower setinggi 50 lantai di kawasan KLCC Platinum Park, Kuala Lumpur.

Naza Tower menempati area 3,7 hektar, persis di sebelah menara kembar Petronas Tower. Ini merupakan gedung perkantoran Grade A yang dirancang dengan konsep hijau (green building).

Untuk merealisasikan bangunan jangkung yang terakreditasi platinum ini, Naza Group harus merogoh kocek 4 miliar ringgit atau setara Rp 12,5 triliun.

Kehadiran Naza Tower ini menambah koleksi gedung jangkung eksisting, sedang dikembangkan, dan dalam tahap proposal di negeri jiran ini.

Menurut riset Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), populasi pencakar langit eksisting, dalam tahap konstruksi, dan proposal dengan ketinggian di atas 250 meter di Malaysia mencapai 37. 


dokumen Putragaya Wahana Thamrin Nine Complex, Thamrin, Jakarta Pusat.
Jumlah ini enam proyek lebih banyak ketimbang Indonesia yang baru memiliki 31 proyek. Di antaranya yang sudah terbangun adalah Wisma 46 setinggi 261,9 meter, Sahid Sudirman Center 258 meter, Raffles Hotel 253,3 meter, dan The Pakubuwono Signature yang mengangkasa 252 meter.

Sedangkan Malaysia punya menara kembar Petronas Tower yang menjulang 451,9 meter, Menara Telekom setinggi 310 meter, dan Ilham Baru Tower sejangkung 298 meter.

Adapun proyek-proyek dalam tahap konstruksi KL 118 Tower setinggi 635 meter, Fairmont KL Tower 1 370 meter, dan Four Season Place 342,5 meter.

Menyusul The Astaka Tower 278,8 meter, Fairmont KL Tower 2 278,8 meter, Equatorial Redevelopment 260 meter dan The Astaka Tower II 255,6 meter.

Untuk proyek-proyek serupa yang sedang dalam tahap pembangunan di Indonesia adalah Icon Tower setinggi 350 meter, Thamrin Nine Tower Satu 333,5 meter, dan One Tower 1 dan 2 stinggi 303 meter.

Lainnya adalah 7Point8 298 meter, Treasury Tower 280 meter, Astra Tower 270 meter, dan Millenium Office Tower 254 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.