Kompas.com - 23/09/2015, 18:40 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai satu kota padat berlahan terbatas, Jakarta tentu membutuhkan solusi desain irit lahan untuk menjawab kebutuhan rumah warganya. 

Sebuah desain hunian di Tokyo berikut ini mungkin bisa menjadi contoh yang tepat. Dibangun di gang padat dengan lebar lahan hanya 1,8 meter, rumah empat lantai ini tetap nyaman untuk dihuni.

weburbanist.com Rumah selebar gang, Tokyo
   
weburbanist.com Rumah selebar gang, Tokyo

Rumah sepanjang 10,97 meter ini dibangun oleh biro arsitektur YUUA di atas lahan yang dulunya adalah sebuah gang antara dua bangunan. Fasad bangunan dihiasi empat jendela besar menghadap jalan, sedikit memperlihatkan denah di dalam bangunan mungil ini. Jendela-jendela besar juga memungkinkan pencahayaan alami yang optimal pada siang hari.

 

weburbanist.com Rumah selebar gang, Tokyo
   
weburbanist.com Rumah selebar gang, Tokyo

Desain minimalis pada interiornya ditujukan untuk memberi kesan terbuka dan ringan agar bangunan tidak terasa sempit. Sementara, penggunaan material logam dan metal lainnya ditujukan untuk membiaskan pencahayaan agar terang ruang lebih meluas.

Bila biasanya hunian sempit dicat dengan warna terang agar tampak luas, arsitek YUUA justru mengambil risiko dengan menggunakan warna-warna gelap untuk menegaskan gaya minimalis.

 

weburbanist.com Kamar mandi
   
weburbanist.com Fasad rumah

Interior rumah ini terbagi atas area penyimpanan di lantai basement dan ruang belajar di lantai dua yang dilengkapi dengan kamar tidur di belakangnya. Ruang bersifat semi publik seperti dapur, ruang makan, dan ruang tamu, berada di lantai ke tiga.

Sedangkan lantai paling atas berisikan ruang-ruang privat seperti kamar tidur utama, kamar mandi, dan teras bersantai. Hampir sulit dipercaya bahwa rumah selebar gang kecil ini berhasil didesain sedemikian nyaman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.