Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasur Pintar "Bedjet" Bisa Bangunkan Anda Tanpa Alarm

Kompas.com - 13/09/2015, 07:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - BedJet adalah kasur dengan sistem pemanas dan pendingin. Terdapat beberapa jenis produknya yang bisa mengatur suhu seperti ChiliPad dan Night Bliss. Namun sekarang, BedJet menambah teknologi baru yang bisa mengalihkan suhu tidur secara otomatis sepanjang malam.

Dengan pengaturan tersebut, pengguna bisa tertidur lebih mudah, mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, dan berpotensi bangun secara alami di pagi hari tanpa jam alarm. Karena cara kerjanya otomatis, kasur ini dikatakan sebagai kasur pintar.

Ide di balik BedJet baru ini adalah rangkaian suhu tubuh yang terprediksi sepanjang malam. Biasanya, suhu tubuh secara alami akan menurun sebelum tidur, semakin dingin saat memasuki tidur nyenyak, dan memanas sebelum terbangun. Jenis BedJet baru menggunakan informasi ini untuk menghangatkan dan mendinginkan kasur saat tidur sehingga tubuh Anda menyentuh suhu yang ideal bahkan jika kamar Anda terlalu panas atau dingin.

Penemuan ini juga memungkinkan pengguna mengatur kapan saatnya kasur memanas dan membangunkan pengguna. Hal tersebut adalah upaya untuk membangunkan pengguna dalam cara yang sealami mungkin. Pengaturan ini bisa dilakukan melalui aplikasi ponsel pintar yang tentu saja diakses sebelum tidur.

Pendiri New York BlueSleep Center, Dokter Jordan Stern, mengatakan bahwa BedJet bisa sangat baik dalam meningkatkan kualitas tidur malam pengguna.

"Untuk bisa tidur lebih cepat, Anda harus bisa menurunkan suhu tubuh sebelum tidur, baik dengan mandi air hangat dan membiarkan tubuh kembali dingin, atau dengan memiliki kasur seperti BedJet," kata Stern.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengatur suhu tubuh dapat menghilangkan insomnia. Lingkungan yang dingin adalah cara untuk mendapatkan tidur malam terbaik, menurut National Sleep Foundation.

Namun, Stern menambahkan, mempercayai sistem sebagai jam alarm, mungkin tidak bekerja dengan lancar. Tidak semua orang cukup sensitif untuk bangun hanya dengan pemanasan halus oleh kasur. "Beberapa orang mungkin dapat menggunakannya. Tapi, saya tidak akan bergantung pada itu," jelas Stern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com