Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupakan Perabotan Ini Saat Membersihkan Rumah

Kompas.com - 14/05/2015, 15:29 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Biasanya Anda membersihkan barang-barang yang mudah dijangkau dan paling terlihat. Tapi tahukah Anda bahwa ada tempat-tempat yang tak terduga luput saat Anda membersihkan rumah?

Ketahui apa saja yang sering Anda abaikan dan bagaimana membersihkannya.

Pembuat kopi

Bekas air yang mengering dan residu dapat merusak mesin pembuat kopi jika Anda tidak mencucinya sebulan sekali atau lebih. Cara membersihkannnya bisa dengan melarutkan cuka putih dan air sambil menyalakan mesin. Matikan mesin setengah jalan dari siklusnya biasa membuat kopi.

Biarkan selama satu jam sebelum dinyalakan kembali untuk menyelesaikan siklus. Ganti air cuka dengan air tawar dan nyalakan pembuat kopi beberapa kali sampai bau cuka hilang. Teko dan filter pembuat kopi dapat dibersihkan dalam mesin cuci piring atau dicuci secara manual.

Bantal dekorasi

Anda tahu betapa pentingnya membersihkan bantal kamar tidur, tapi bagaimana dengan bantal hiasan di sofa? Apakah Anda sering menggunakannya untuk menopang kaki atau untuk mengistirahatkan kepala Anda? Bantal-bantal ini mengumpulkan kulit mati, tungau debu, dan kotoran lainnya.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan penghisap debu pada bantal tersebut. Jangan lupa juga melepaskan sarungnya untuk dicuci secara periodik sesuai dengan petunjuk perawatan.

Tempat sampah dapur

Apakah Anda mencium bau busuk bahkan setelah mengeluarkan sampah dari tempatnya? Bisa jadi bau tersebut berasal dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang menempel di tempat sampah.

Cara membersihkannya adalah pastikan sisa-sisa makanan yang menempel sudah hilang. Setelah itu, semprotkan disinfektan atau penghilang bau.

Gorden dan pelapis

Mereka mungkin terlihat bersih, namun tirai dan pelapis segala sesuatu merupakan tempat berkumpul serbuk sari, debu, tungau, bakteri, dan jamur.

Gunakan vakum untuk membersihkan gorden secara teratur. Terutama untuk kain kotor, periksa label untuk memastikan apakah kain bisa dicuci.

Pencuci Piring

Halaman:
Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com