Kompas.com - 09/07/2015, 23:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Persada Properti (APP) dan PT Adhi Persada Realti (APR) telah resmi bergabung sejak 22 Juni 2015. Dalam transformasi usaha ini, APP menjadi perusahaan yang menerima penggabungan, sementara APR menjadi perusahaan yang menggabungkan diri. Kedua perusahaan ini adalah afiliasi dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

"Tujuan penggabungan adalah untuk efisiensi dan peningkatan pelayanan, agar tidak membingungkan konsumen. Soalnya, bisnisnya sama, satu budaya. Nama setelah penggabungan menjadi APP," ujar Direktur Properti APP Pulung Prahasto, di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Pulung menuturkan, setelah digabungkan lingkup pekerjaan menjadi lebih luas. Sebelumnya, APR khusus mengerjakan proyek perumahan tapak dan mal. Sedangkan APP khusus apartemen, hotel, dan kondotel. Setelah resmi bergabung, bisnis properti perumahan dengan bangunan vertikal jadi satu kesatuan.

Dengan penggabungan ini, diharapkan terjadi simplifikasi baik dalam proses pembangunan di lapangan, maupun kaitannya dengan konsumen.

Selain untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, penggabungan tersebut juga bertujuan untuk menambah kualitas produk, jasa, dan pelayanan, yang pada akhirnya bisa meningkatkan pangsa pasar di bidang properti. Dengan demikian, tambah Pulung, struktur keuangan juga akan lebih optimal dan saham APP akan meningkat.

Adapun proyek apartemen yang sudah dikembangkan APP adalah Taman Melati Margonda, Grand Taman Melati Margonda, Taman Melati Jatinangor, Taman Melati Surabaya @MERR, Taman Melati Yogyakarta @Sinduadi, Grand Dhika City @Jatiwarna dan Grand Dhika City Bekasi.

Sementara proyek APR mencakup perumahan Taman Dhika Sidoarjo, Taman Dhika Cinere, Taman Dhika Ciracas, Mal Mandau City dan Cimone City, dan Grand Dhika Commercial Estate Semarang.

Terkait kinerja APP pada semester satu 2015, untuk perolehan penjualan yaitu Rp 336,39 miliar dan laba bersih senilai Rp 69,24 miliar.

Setelah penggabungan, perusahaan merasakan adanya efek positif. Total prognosa APP dan APR sebelum digabung sepanjang tahun 2015 adalah Rp 294,8 miliar. Sedangkan prognosa dari Januari hingga Juni 2015 meningkat menjadi Rp 300,4 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.