Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2015, 22:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) menetapkan empat pencakar langit terbaik di dunia pada pekan lalu. Keempatnya berhak mendapat anugerah The Best Tall Building Awards sebagai bagian dari rangkaian CTBUH Annual Awards 2015.

Pemenang tahun ini terpilih dari 123 kandidat yang dinilai sepanjang 2014 atau melonjak hampir 40 persen dibanding penilaian atas pencakar langit sepanjang 2013 untuk penghargaan CTBUH Annual Awards 2014.

Sebanyak 123 gedung tinggi dinilai oleh sebuah panel bergengsi yang terdiri dari para ahli. Terpilihnya keempat finalis sekaligus terbaik ini merupakan representasi komitmen yang kuat untuk keberlanjutan, kemajuan dramatis dalam penggunaan elemen bangunan hijau, peningkatan layanan penghuni gedung, dan upaya mereduksi dampak lingkungan.

Keempat pencakar langit terbaik mewakili empat wilayah besar di dunia sekaligus nominasi dari 33 negara.

Berikut pemenang The Best Tall Building Awards tahun ini:

One World Trade Center

Ini adalah ikon baru kota New York yang dibangun di bekas situs World Trade Center. One World Trade Center didesain untuk memperingati peristiwa 11 September sekaligus sebagai simbol kota berjuluk "Big Apple" ini. One World Trade Center setinggi 541 meter, mewakili wilayah Amerika.

technolite.com.sg CapitaGreen
CapitaGreen

Bukan sembarang pencakar langit, melainkan elemen yang mengakomodasi vegetasi hijau dengan komposisi 55 persen dari perimeter façade. CapitaGreen memberikan tengara penampilan yang ikonik sekaligus terbaik di wilayah Asia dan Australia.

Juri mencatat bahwa bangunan ini dirancang dengan cara baru, termasuk fasad bervegetasi dengan menempatkan sebagai potensi tabir surya sekaligus juga untuk kepentingan urban farming.

www.residenzeportanuova.com Bosco Verticale
Bosco Verticale

Bangunan ini merupakan representasi vegetasi hijau yang demikian intensif, dengan skala tinggi dan besar. Fasad hidupnya menggabungkan banyak pohon dan lebih kurang 90 jenis vegetasi.

Panel juri menilai eksplorasi tanaman ini sebagai terobosan dalam memperindah eksterior gedung yang keluar sebagai pemenang untuk wilayah Eropa.

arabian business Burj Mohammed Bin Rashid
Burj Mohammed Bin Rashid

Desainnya memadukan bangunan modern ke dalam konteks budaya dan geografis, baik melalui langgam arsitektural maupun penggunaannya. Juri menghargai bahwa kulit bangunan yang bergelombang menciptakan efek fatamorgana dalam suasana padang pasir. 

Tak mengherankan, Burj Mohammed Bin Rashid ini terbaik di antara gedung-gedung lainnya di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com