Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nordstorm Tower Bakal Menjungkalkan Rekor One WTC Tower

Kompas.com - 13/05/2015, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ledakan pembangunan pencakar langit melanda New York, saat ini. Masifnya proyek pencengkeram angkasa tersebut dianggap tak pernah terjadi sebelumnya. 

Laporan New York YIMBY, menyebutkan pencakar langit terbaru yang akan dikembangkan di kota berjuluk big apple ini adalah Nordstorm Tower. Lokasinya berada di 217 West 57th Street. 

Nordstorm Tower bukan pencakar langit biasa, melainkan tertinggi dan bakal menjungkalkan rekor One World Trade Center Tower. Menara ini dirancang menjulang dengan ketinggian 547 meter. Jika kelak terbangun, Amerika Serikat akan memiliki pencakar langit terjangkung baru.

Menarik mencermati pertumbuhan gedung pencakar langit di kota New York. Preseden signifikan, sejatinya, diawali pada akhir 1920. Saat itu, 40 Wall Street baru saja mencapai 283 meter puncak ketika arsitek Chrysler Building, William Van Alen merancang menara yang diam-diam dibangun dan menjulang 319 meter di atas permukaan jalan, dan memberikan gelar bangunan tertinggi di dunia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa kemudian kota New York mengalami ledakan gedung jangkung dengan ketinggian di atas 300 meter (supertall), mengikuti pola yang sama terjadi pada 1920-an.

Hal itu terlihat dari pengembangan menara-menara baru di 57th Street. Di ruas jalan ini terdapat One57 setinggi 306 meter yang rampung pembangunannya pada tahun 2011. Menyusul kemudian 432 Park Avenue setinggi 426 meter yang mencapai puncaknya tahun lalu.

Demikian halnya dengan 111 West 57th Street yang awalnya didesain hanya 305 meter kemudian diubah menjadi 426 meter. Sementara saingannya, Park Avenue, bakal mengangkasa setinggi 435 meter.

Ada pun kegiatan konstruksi di situs Nordstrom Tower, sudah terlihat kemajuan progresif. Beton-beton untuk fondasi menara telah ditancapkan. Namun demikian, butuh waktu beberapa bulan sebelum konstruksi struktur naik dan terlihat dari luar. Rencananya, konstruksi Nordstorm Tower kelar pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com