Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Terjangkung di Dunia Tanpa "Antena"

Kompas.com - 19/06/2015, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Dubai Multi Commodities Centre (DMCC) meminta Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS + GG) menjadi arsitek untuk Burj 2020, yaitu menara komersial tertinggi di dunia. Konsultan WATG, ditunjuk untuk menyampaikan rencana induk Distrik Burj 2020.

"AS + GG dan WATG memiliki pengalaman secara global dan keahlian desain menara. Mereka akan merancang destinasi kelas dunia dan akan menetapkan gedung bertingkat baru yang efisien dan keberlanjutan perkotaan," ujar Ketua Eksekutif, DMCC, Ahmed bin Sulayem.

Ia yakin mitranya mampu membuat alamat baru bagi komunitas bisnis global di masa depan, di Dubai. Adrian Smith, arsitek dan pendiri AS + GG yang berbasis di Chicago, sebelumnya telah merancang Burj Khalifa, menara tertinggi di dunia yang terletak di Dubai.

Sementara itu, DMCC sendiri menyangkal opini bahwa mereka sengaja menempatkan spire atau ujung runcing dan biasa disebut "antena" untuk menjadikan menara ini sebagai perkantoran tertinggi di dunia. Seperti diketahui, beberapa menara tertinggi di dunia menggunakan spire. Sebut saja, Burj Khalifa, Taipei 101, Petronas, dan Empire State Building.

"Kami tidak akan menempatkan spire supaya menara ini masuk ke buku rekor dunia. Namun, jelas ini akan menjadi struktur yang sangat tinggi. Semuanya dengan lantai," kata Sulayem.

Sulayem sebelumnya menyatakan, mereka berencana untuk membangun menara yang efisien untuk diakses dari dalam dan keluar, juga sebaliknya. Burj 2020 akan dibangun menggunakan baja. Menurut dia, setiap menara lebih dari 80 lantai tidak bisa menggunakan semen. Menara ini nantinya sepenuhnya berstruktur baja.

Rencananya, Burj 2020 akan dibangun di sebidang tanah yang terletak di sisi selatan Jumeirah Lakes Towers, dekat dengan Jumeirah Island dan Jumeirah Park.

Menara ini adalah pusat dari DMCC Business Park, yang terdiri dari 12.000 meter persegi ruang ritel, ruang komersial bertingkat rendah, fasilitas olahraga, area taman besar dan bertingkat parkir mobil.

DMCC mengatakan bahwa pembangunan dimulai pada 2015 dan dijadwalkan selesai sebelum 2020. Bertepatan dengan waktu Dubai menggelar Expo 2020.

Terintegrasi dengan perkembangan Jumeirah Lakes Towers, District Burj 2020 akan menjadi menara multifungsi pertama seluas 107.000 meter persegi yang menyediakan ruang komersial, ritel dan hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com