REI Baru Realisasikan 32.076 Rumah Sederhana

Kompas.com - 27/06/2015, 12:12 WIB
Dengan kriteria penghasilan Rp 4 juta per bulan dan tenor bunga 20 tahun, mestinya tidak akan ada masalah jika ditetapkan rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 220 juta per unit. www.shutterstock.comDengan kriteria penghasilan Rp 4 juta per bulan dan tenor bunga 20 tahun, mestinya tidak akan ada masalah jika ditetapkan rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 220 juta per unit.
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini DPP REI baru dapat merealisasikan pembangunan sebanyak 32.076 unit Rumah Sederhana Tapak (RST) dari komitmen awal sebanyak 114.000 unit. Jumlah unit yang sudah dibangun itu di 20 DPD REI dalam rangka keikutsertaan REI melaksanakan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah. 

"Kami cuma mau menyampaikan perkembangan yang sudah kami lakukan. Semua sudah kami koordinasikan dengan DPD yang sudah merealisasikan targetnya," ujar Eddy Hussy kepada KOMPAS.com, Jumat (26/6/2015).

"Jadi, sisa yang akan kami bangun itu sekitar 80.000-an unit lagi di tahun ini. Kalau tidak terkejar, kami masukkan sebagai cadangan untuk tahun depan," tambahnya.

Eddy mengakui, masih ada beberapa kendala untuk melaksanakan Program Sejuta Rumah tersebut. Pertama, masalah perizinan, terutama yang dialami pengembang REI di daerah atau DPD.

Kendala kedua adalah masalah lahan. Eddy mengaku tidak ada masalah untuk komitmen pembangunan 114.00 unit. 

"Tapi untuk pembangunan unit-unit berikutnya setelah ini kita masih belum tahu. Lahan makin susah, itu sudah pasti," ujarnya.

Sementara masalah ketiga adalah penetapan harga maksimum Rp 200 juta per unit.  Menurut dia, dengan kriteria penghasilan Rp 4 juta per bulan dan tenor bunga 20 tahun, mestinya tidak akan ada masalah jika ditetapkan rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 220 juta per unit.

"Harga Rp 200 juta itu bebas PPN dan PPH satu persen. Tapi, tiap daerah akan berbeda nantinya," ujar Eddy.

Rekomendasi untuk pemerintah

Eddy mengatakan, jumlah target yang ditetapkan oleh pengembang REI dalam progam Sejuta Rumah tersebut telah melalui penghitungan cermat dan evaluasi di Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI pada masing-masing daerah. Dia optimistis komitmen tersebut akan dapat terlaksana sesuai rencana dan tercapai apabila kendala-kendala permasalahan berupa regulasi, perizinan, dan eksekusi di lapangan dapat diselesaikan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X