Kompas.com - 19/06/2015, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Dubai Multi Commodities Centre (DMCC) meminta Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS + GG) menjadi arsitek untuk Burj 2020, yaitu menara komersial tertinggi di dunia. Konsultan WATG, ditunjuk untuk menyampaikan rencana induk Distrik Burj 2020.

"AS + GG dan WATG memiliki pengalaman secara global dan keahlian desain menara. Mereka akan merancang destinasi kelas dunia dan akan menetapkan gedung bertingkat baru yang efisien dan keberlanjutan perkotaan," ujar Ketua Eksekutif, DMCC, Ahmed bin Sulayem.

Ia yakin mitranya mampu membuat alamat baru bagi komunitas bisnis global di masa depan, di Dubai. Adrian Smith, arsitek dan pendiri AS + GG yang berbasis di Chicago, sebelumnya telah merancang Burj Khalifa, menara tertinggi di dunia yang terletak di Dubai.

Sementara itu, DMCC sendiri menyangkal opini bahwa mereka sengaja menempatkan spire atau ujung runcing dan biasa disebut "antena" untuk menjadikan menara ini sebagai perkantoran tertinggi di dunia. Seperti diketahui, beberapa menara tertinggi di dunia menggunakan spire. Sebut saja, Burj Khalifa, Taipei 101, Petronas, dan Empire State Building.

"Kami tidak akan menempatkan spire supaya menara ini masuk ke buku rekor dunia. Namun, jelas ini akan menjadi struktur yang sangat tinggi. Semuanya dengan lantai," kata Sulayem.

Sulayem sebelumnya menyatakan, mereka berencana untuk membangun menara yang efisien untuk diakses dari dalam dan keluar, juga sebaliknya. Burj 2020 akan dibangun menggunakan baja. Menurut dia, setiap menara lebih dari 80 lantai tidak bisa menggunakan semen. Menara ini nantinya sepenuhnya berstruktur baja.

Rencananya, Burj 2020 akan dibangun di sebidang tanah yang terletak di sisi selatan Jumeirah Lakes Towers, dekat dengan Jumeirah Island dan Jumeirah Park.

Menara ini adalah pusat dari DMCC Business Park, yang terdiri dari 12.000 meter persegi ruang ritel, ruang komersial bertingkat rendah, fasilitas olahraga, area taman besar dan bertingkat parkir mobil.

DMCC mengatakan bahwa pembangunan dimulai pada 2015 dan dijadwalkan selesai sebelum 2020. Bertepatan dengan waktu Dubai menggelar Expo 2020.

Terintegrasi dengan perkembangan Jumeirah Lakes Towers, District Burj 2020 akan menjadi menara multifungsi pertama seluas 107.000 meter persegi yang menyediakan ruang komersial, ritel dan hotel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.