Kompas.com - 09/04/2015, 11:00 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Meliá Hotels International (MHI) berencana menambah enam hotel baru di Bali, menyusul kesepakatan kerjasama pengelolaan untuk Sol House Jimbaran, Sol House Kuta, dan Meliá Ubud.

Portofolio baru tersebut dijadwalkan beroperasi dan dibuka untuk publik masing-masing pada 2016 untuk Sol House Kuta, Meliá Ubud pada 2017, dan Sol House Jimbaran pada 2019.

Vice President of Meliá Hotels International for Asia Pacific Region, Bernardo Cabot Estarellas, memastikan rencana tersebut dalam jawaban tertulis melalui surel yang dikirim kepada Kompas.com, pada Rabu (8/4/2015). 

Agresifnya MHI, menurut Bernardo, dipicu meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun ke tahun menjadi sekitar 3,2 juta orang. Meskipun Bali dianggap kelebihan pasokan hotel, namun tidak menghalangi rencana ekspansi MHI.

"Kami yakin Bali akan mempertahankan statusnya sebagai salah satu destinasi utama di Asia Pasifik. Hal ini disebabkan hubungan yang sangat baik dengan kota-kota utama di Asia serta infrastruktur yang sangat berkembang di pulau ini," tutur Bernardo.

Dengan meningkatnya jumlah portofolio pengelolaan, lokasi menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan sebuah hotel. Sebagai sebuah kelompok usaha perhotelan, MHI telah memiliki 6 portofolio hotel di Bali dengan lokasi strategis dan masing-masing menargetkan segmen yang berbeda.

"Bisnis perhotelan di Bali adalah bisnis yang sangat potensial karena pulau ini merupakan pasar yang besar, baik bagi wisatawan asing maupun domestik. Hubungan kami dengan Pulau Bali dapat dilihat kembali melalui pembukaan Meliá Bali, yang merupakan perjalananan internasional pertama kami di luar Spanyol sejak 30 tahun silam," beber Bernardo.

Ada pun lima portofolio baru di Bali, merupakan bagian dari 30 hotel baru MHI di wilayah Asia Pasifik. Sebanyak 14 di antaranya berada di Indonesia. Selain  Gran Meliá, MHI juga akan membawa tiga merek utama lainnya, yakni Meliá, Sol Hotels & Resorts, dan Innside by Meliá. 

MHI baru saja menandatangani pengelolaan proyek baru Sol House Jimbaran sebanyak 178 unit, bekerjasama dengan PT Kurnia Inti Sejahtera. Sol House Jimbaran akan menjadi properti milik MHI ke-6 di Bali dan ke-12 di Indonesia, di samping Gran Meliá Jakarta, Meliá Bali, Sol Beach House Benoa Bali, Meliá Purosani, serta yang masih dalam tahap pre-opening  yakni Gran Meliá Bintan, Meliá Adhiwangsa Surabaya, Innside Yogyakarta, Innside Makassar, Sol House Legian, Meliá Ubud dan Sol House Kuta.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.