Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Cara Berikut, Lemari Kembali Rapi!

Kompas.com - 08/03/2015, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Lemari adalah salah satu furnitur yang tergolong jarang dibersihkan. Pasalnya, lemari yang digunakan dalam waktu lama, sudah terisi berbagai macam barang, khususnya baju.

Jika Anda merasa lemari sudah kotor atau berantakan, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk membersihkannya. Simak ulasan bagaimana membersihkan dan menata ulang isi lemari.

1. Sumbangkan baju

Setelah sekian lama pakaian terus bertambah, pasti ada pakaian yang bertahan di dalam lemari dan tidak terpakai lagi. Untuk itu, pertimbangkan untuk memilah-milah pakaian mana yang sudah tidak Anda pakai dan sumbangkan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

Selain mendapatkan lemari yang lebih lowong, Anda juga akan merasa senang setelah mengetahui baju Anda berguna bagi orang lain.

2. Buat zona tertentu

Salah satu cara untuk mengorganisasi lemari Anda, adalah membuat zona tertentu, menurut fungsi lemari. Misalnya, pisahkan baju kerja, baju santai, dan baju tidur.

Selain itu, Anda juga bisa memisahkan pakaian-pakaian berdasarkan tipenya, misalnya gaun, kemeja, rok, atau celana.

3. Gantungan yang sesuai

Anda bisa menyiapkan gantungan baju yang cocok dengan pakaian. Dengan begitu, lemari akan tampak lebih rapi.

4. Tetap tenang

Ketika Anda tengah mengeluarkan tiga per empat barang-barang  dari lemari, Anda mungkin akan merasa panik dengan adanya ruang yang terbatas. Di sisi lain, Anda mulai kebingungan bagaimana menata ulang semuanya. Untuk itu, Anda harus tetap tenang karena tidak semuanya harus kembali ke dalam lemari. (Baca poin pertama)

5. Mengatur sepatu

Jika Anda menyimpan sepatu di dalam lemari, Anda harus memikirkan cara lain dari biasanya agar ruang yang terpakai bisa maksimal. Anda bisa mengatur sepasang sepatu dengan arah yang berlawanan. Misalnya, sepatu kiri menghadap ke dalam lemari dan sepatu kanan menghadap pintu lemari.

6. Membuang yang tidak perlu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com