Kompas.com - 27/02/2015, 09:08 WIB
|
EditorHilda B Alexander

CIBUBUR, KOMPAS.com - Melengkapi rumah dengan fitur rumah pintar atau smart home, ternyata tidak menelan banyak biaya. Schneider Electric mengklaim, harga fitur smart home yang ditawarkannya, terjangkau masyarakat. Dengan begitu, tidak memengaruhi harga rumah secara signifikan.

"Untuk rumah model menengah, instalasinya hanya sekitar Rp 20 juta-Rp 30 juta," ujar Vice President for EcoBuilding and Partner Project, Raymon Firdauzi, kepada Kompas.com, Kamis (26/2/2015).

Harga instalasi disesuaikan dengan luasan rumah dan banyaknya kamar yang hendak dipasangi fitur tersebut.

Raymon menjelaskan, fitur EZinstall3 Mini dari Schneider, bisa dipasang di beberapa tempat di rumah misalnya kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur. Fitur yang paling diunggulkan adalah fitur ULTI EZinstall3, yang memungkinkan penghuni menyesuaikan pencahayaan ruangan dengan intensitas cahaya berbeda, mulai dari redup hingga terang.

Fitur ini, bisa dipasang di semua kamar ataupun ruang tertentu, sehingga harga pemasangan bisa bervariasi di setiap rumah.

Sales Executive CitraGran Cibubur, Bayu Winarso, mengatakan, karena pemasangan smart home di rumah tidak menelan biaya tinggi, maka harga rumah pun tidak naik secara signifikan.

"Pemasangannya hanya Rp 30 juta. Jadi harga rumahnya juga naiknya tidak banyak," kata Bayu.

Sebuah rumah contoh di CitraGran dibanderol seharga Rp 2,3 miliar. Rumah ini mengalami penyesuaian harga Rp 300 jutaan setelah dilengkapi dengan furnitur dan smart home dari Schneider.

Bayu mengaku, tingginya kenaikan harga tersebut didominasi kelengkapan furnitur, bukan dari pemasangan smart home.

Rumah ini memiliki luas bangunan 125 meter persegi dan luas tanah 128 meter persegi. Terdiri dari dua lantai, rumah tersebut mencakup tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.