Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu dari Tiga Pembeli Rumah di California Berasal dari Tiongkok

Kompas.com - 19/02/2015, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Negeri Tiongkok tak hanya merambah dunia melalui investasi besar-besaran secara korporat, melainkan juga investor individu. Menurut Association of Realtors California (CAR), pembelian properti oleh investor asing asal Tiongkok semakin intensif.

Hasil survei CAR menunjukkan satu dari tiga pembeli rumah asing (36 persen) di California, berasal dari Tiongkok. Jumlah mereka 14 persen dari total pembelian asing. Sebanyak dua pertiga di antaranya (66 pesren) membeli dengan uang tunai.

Ada pun properti yang dibeli seharga 500.000 dollar AS dengan cara tunai sebanyak 66 persen dan seharga 1 juta dollar AS sebanyak 57 persen. Sementara sisanya, 11 persen menggunakan uang hasil penjualan properti sebelumnya, 7 persen penerima hadiah, 5 persen daripenjualan aset pribadi.

Penemuan menarik lain dari hasil riset tersebut adalah, hampir setengah dari pembeli asing ini membeli rumah di pinggiran kota. Sementara di pusat kota hanya 33 persen, dan perdesaan 10 persen.


   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com