Satu dari Tiga Pembeli Rumah di California Berasal dari Tiongkok

Kompas.com - 19/02/2015, 11:00 WIB
Ilustrasi reuterIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Negeri Tiongkok tak hanya merambah dunia melalui investasi besar-besaran secara korporat, melainkan juga investor individu. Menurut Association of Realtors California (CAR), pembelian properti oleh investor asing asal Tiongkok semakin intensif.

Hasil survei CAR menunjukkan satu dari tiga pembeli rumah asing (36 persen) di California, berasal dari Tiongkok. Jumlah mereka 14 persen dari total pembelian asing. Sebanyak dua pertiga di antaranya (66 pesren) membeli dengan uang tunai.

Ada pun properti yang dibeli seharga 500.000 dollar AS dengan cara tunai sebanyak 66 persen dan seharga 1 juta dollar AS sebanyak 57 persen. Sementara sisanya, 11 persen menggunakan uang hasil penjualan properti sebelumnya, 7 persen penerima hadiah, 5 persen daripenjualan aset pribadi.

Penemuan menarik lain dari hasil riset tersebut adalah, hampir setengah dari pembeli asing ini membeli rumah di pinggiran kota. Sementara di pusat kota hanya 33 persen, dan perdesaan 10 persen.


   



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X