"Mediatheque de Monterblanc", Perpustakaan Sekaligus Balai Kota Modern

Kompas.com - 23/12/2014, 09:24 WIB
Perpustakaan di Monterblanc, Perancis, ini menawarkan kebaruan dalam desain baik fasad maupun interior. www.dezeen.comPerpustakaan di Monterblanc, Perancis, ini menawarkan kebaruan dalam desain baik fasad maupun interior.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Perpustakaan di sebuah desa di Perancis, dibingkai oleh kisi beton berwarna putih. Arsitek dari Studio 02 membuat kisi beton ini untuk menopang dinding kaca dan kayu.

Bertajuk Mediatheque de Monterblanc, perpustakaan dengan luas 450 meter persegi tersebut terletak di ujung jalan desa Brittany, Monterblanc. Kontras dengan bangunan di sekitarnya yang didominasi batu abu-abu, struktur beton putih perpustakaan ini, memiliki fitur panel kaca besar.

www.dezeen.com Elemen kaca dimaksudkan agar pengunjung perpustakaan melihat pemandangan desa dengan leluasa.
Elemen kaca dimaksudkan agar pengunjung perpustakaan melihat pemandangan desa dengan leluasa. Strukturnya dibentuk dalam dua volume, yaitu blok tinggi di depan perpustakaan yang menopang langit-langit ganda pada ruang baca dan volume yang lebih rendah pada belakang perpustakaan, yang berisi ruang komputer dan kantor.

www.dezeen.com Strukturnya dibentuk dalam dua volume, yaitu blok tinggi di depan perpustakaan yang menopang langit-langit ganda pada ruang baca dan volume yang lebih rendah pada belakang perpustakaan, yang berisi ruang komputer dan kantor.
"Ruangan yang sunyi. Perpustakaan Monterblanc menawarkan perspektif yang sederhana dan mudah diakses. Sistem mosaiknya menyajikan panorama desa," kata arsitek.

Bangunan ini disamakan sebagai balai kota modern, yang terletak di tengah-tengah komunitas. Huruf-huruf logam yang dipasang di tepi atas fasad perpustakaan, menandakan nama gedung ini.

www.dezeen.com Di dalamnya, ruang terbuka dilengkapi dengan rak-rak buku. Rak-rak ini senada dengan lantai ruangan yang berwarna putih. Kursi-kursi putih juga diletakkan di sekitar meja belajar dengan perpaduan hijau dan putih.
Di dalamnya, ruang terbuka dilengkapi dengan rak-rak buku. Rak-rak ini senada dengan lantai ruangan yang berwarna putih. Kursi-kursi putih juga diletakkan di sekitar meja belajar dengan perpaduan hijau dan putih.

Ruang-ruang kecil di sekitar ruang utama perpustakaan, antara lain adalah kantor, toilet, dan ruang membaca khusus anak-anak. Di lantai area anak-anak, terdapat sofa besar dan buku-buku warna-warni. Sementara itu, lampunya disesuaikan dengan langit-langit ruangan yang berpola polkadot.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X