Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Kantor Ini Memungkinkan Semua Gerakan Karyawannya Terlihat

Kompas.com - 17/12/2014, 17:04 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah gedung berlantai enam di Sydney, Australia, baru dibangun untuk perusahaan farmasi Swiss, Novartis. Gedung senilai 41 juta dolar atau Rp 526 miliar ini menunjukkan sebuah tren baru dalam memfasilitasi arsitektur untuk pembangunan kantor.

Dirancang oleh HDR Beras Daubney, tujuan dari pembangunan gedung Macquarie Park seluas 9.885 meter persegi ini adalah untuk memahami Novartis sebagai rangkaian bisnis dan karakter dasar yang mengikat para pekerja.

Bangunan tersebut akan menampung 800 karyawan di seluruh lantai yang terhubung melalui ruang atrium pusat dengan lift kaca dan tangga terbuka. Desain tersebut memungkinkan semua gerakan karyawan akan terlihat.

Ruang tengahnya akan menghubungkan lantai dasar lobi, kafe, dan museum Novartis dengan lantai kantor, ruangan rapat di lantai atas, dan taman atap. Tata letak interior ini bertujuan untuk mengonsolidasikan kebutuhan bisnis sehingga gedung tersebut berkembang menjadi serangkaian ruang untuk meningkatkan interaksi dan budaya kolaborasi dan inovasi perusahaan.

www.architectureanddesign.com.au Bangunan tersebut akan menampung 800 karyawan di seluruh lantai yang terhubung melalui ruang atrium pusat dengan lift kaca dan tangga terbuka. Desain tersebut memungkinkan semua gerakan karyawan akan terlihat.

Sementara itu, eksteriornya membentuk bangunan linear persegi panjang yang transparan seperti kotak kaca. Kaca-kaca itu dipancang oleh tiang kayu melengkung dan struktur aluminium yang membentuk inti bangunan.

Proyek ini dirancang untuk mencapai peringkat bintang 5 untuk gedung hijau dari Green Building Council of Australia (GBCA) dan National Australian Built Environment Rating System (NABERS). Rencananya, gedung ini akan selesai dibangun akhir 2015 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com