Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversial, Tiga Pencakar Langit Terpaksa Dibongkar

Kompas.com - 25/08/2014, 15:14 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tiga gedung pencakar langit baru di wilayah Zeytinburnu Istanbul, Turki, bakal dihancurkan. Pasalnya, bangunan-bangunan berlapis kaca tersebut menghalangi akses pemandangan ke gedung-gedung bersejarah kota Istanbul, termasuk Hagia Sofia.

Selain menutup akses cakrawala kota, kompleks hunian vertikal Onalti Dokuz tersebut juga kontroversial karena berada di situs warisan dunia yang telah ditetapkan UNESCO. Badan Perserikatan Bangsa-bangsa tersebut malah mengancam mencabut status Istanbul sebagai situs warisan dunia, bila proyek apartemen ini tetap dibangun.

Namun, ancaman tinggal ancaman, bangunan karya Alpar Architecture yang dikembangkan Astay Gayrimenkul itu tetap kokoh berdiri setinggi 27 hingga 36 lantai di atas lahan seluas 12 hektar. Onalti Dokuz "sukses" menutup Hagia Sofia, Topkapi Palace dan Masjid Biru yang merupakan tengara bersejarah Istanbul.

Terang saja, aksi tidak perduli Astay Gayrimenkul menuai kritikan pedas sejumlah kalangan, termasuk warga, pemerhati bangunan, ahli sejarah, dan juga perencana kota.

Sadar derasnya kritikan tersebut, pemerintah Turki akhirnya memutuskan untuk melakukan pembongkaran dan sebagian gedung Onalti Dokuz dihancurkan. Belum ada informasi resmi waktu pelaksanaan pembongkaran tiga hunian vertikal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com