Kompas.com - 17/12/2014, 17:04 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Sebuah gedung berlantai enam di Sydney, Australia, baru dibangun untuk perusahaan farmasi Swiss, Novartis. Gedung senilai 41 juta dolar atau Rp 526 miliar ini menunjukkan sebuah tren baru dalam memfasilitasi arsitektur untuk pembangunan kantor.

Dirancang oleh HDR Beras Daubney, tujuan dari pembangunan gedung Macquarie Park seluas 9.885 meter persegi ini adalah untuk memahami Novartis sebagai rangkaian bisnis dan karakter dasar yang mengikat para pekerja.

Bangunan tersebut akan menampung 800 karyawan di seluruh lantai yang terhubung melalui ruang atrium pusat dengan lift kaca dan tangga terbuka. Desain tersebut memungkinkan semua gerakan karyawan akan terlihat.

Ruang tengahnya akan menghubungkan lantai dasar lobi, kafe, dan museum Novartis dengan lantai kantor, ruangan rapat di lantai atas, dan taman atap. Tata letak interior ini bertujuan untuk mengonsolidasikan kebutuhan bisnis sehingga gedung tersebut berkembang menjadi serangkaian ruang untuk meningkatkan interaksi dan budaya kolaborasi dan inovasi perusahaan.

www.architectureanddesign.com.au Bangunan tersebut akan menampung 800 karyawan di seluruh lantai yang terhubung melalui ruang atrium pusat dengan lift kaca dan tangga terbuka. Desain tersebut memungkinkan semua gerakan karyawan akan terlihat.

Sementara itu, eksteriornya membentuk bangunan linear persegi panjang yang transparan seperti kotak kaca. Kaca-kaca itu dipancang oleh tiang kayu melengkung dan struktur aluminium yang membentuk inti bangunan.

Proyek ini dirancang untuk mencapai peringkat bintang 5 untuk gedung hijau dari Green Building Council of Australia (GBCA) dan National Australian Built Environment Rating System (NABERS). Rencananya, gedung ini akan selesai dibangun akhir 2015 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.