Kompas.com - 06/11/2014, 14:31 WIB
Clichy Montfermeil adalah satu dari empat stasiun terbaru yang akan dirancang sebagai bagian dari proyek Grand Paris Express (GPE). www.worldarchitecturenews.comClichy Montfermeil adalah satu dari empat stasiun terbaru yang akan dirancang sebagai bagian dari proyek Grand Paris Express (GPE).
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Clichy Montfermeil adalah satu dari empat stasiun terbaru yang akan dirancang sebagai bagian dari proyek Grand Paris Express (GPE). Proyek tersebut merupakan rencana untuk memodernisasi dan memperluas jaringan transportasi Paris dan menghubungkan daerah-daerah di Paris.

Stasiun lain dalam skema tersebut adalah Villejuif, Noisy-Champs dan Le Bourget. Desainnya baru-baru ini dimenangkan oleh Elizabeth & Christian de Portzamparc (AECDP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stasiun tersebut dilengkapi dengan kanopi geometris warna-warni. Fungsinya untuk menghilangkan apa yang arsitek gambarkan sebagai sebuah ‘tempat abu-abu dan tertinggal’. Motif dekoratif menghiasi lantai, atap pergola, dan panel dinding dengan "warna Afrika".

Sebuah atrium cekung di stasiun mengarah pada keempat lantai peron kereta, yang di bawahnya terdapat eskalator. Saat melewatinya, orang-orang bisa melihat satu sama lain dan berinteraksi karena di sini tidak ada jalan bersimpangan.

Lantai dasar berwarna-warni itu merupakan bagian desain utuh yang bertujuan untuk mengubah wilayah urban Clichy-sous-Bous. Wilayah ini paling diingat sebagai tempat kerusuhan Paris tahun 2005.

www.worldarchitecturenews.com Plaza pada stasiun ini memiliki luas 4.842 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 4.911 meter persegi. Kelak, stasiun ini akan menjadi penanda perubahan dan koneksi untuk daerah di pinggiran kota yang seringkali terabaikan.

Plaza pada stasiun ini memiliki luas 4.842 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 4.911 meter persegi. Kelak, stasiun ini akan menjadi penanda perubahan dan koneksi untuk daerah di pinggiran kota yang seringkali terabaikan.

“Pendekatan kami adalah mencari akses maksimal stasiun metro ke konteks perkotaan. Akses ini dibuat dengan menerapkan tangga yang membuat orang-orang yang keluar dari stasiun mau mengunjungi atrium. Sebuah atap pergola yang menutupi pintu masuk, instalasi dan bangunan stasiun, parkir sepeda, melindungi area yang nantinya digunakan sebagai pasar musiman,” kata arsitek Enric Miralles/Benedetta Tagliabue (EMBT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.