Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna-Warni Stasiun Metro Paris

Kompas.com - 06/11/2014, 14:31 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com – Clichy Montfermeil adalah satu dari empat stasiun terbaru yang akan dirancang sebagai bagian dari proyek Grand Paris Express (GPE). Proyek tersebut merupakan rencana untuk memodernisasi dan memperluas jaringan transportasi Paris dan menghubungkan daerah-daerah di Paris.

Stasiun lain dalam skema tersebut adalah Villejuif, Noisy-Champs dan Le Bourget. Desainnya baru-baru ini dimenangkan oleh Elizabeth & Christian de Portzamparc (AECDP).

Stasiun tersebut dilengkapi dengan kanopi geometris warna-warni. Fungsinya untuk menghilangkan apa yang arsitek gambarkan sebagai sebuah ‘tempat abu-abu dan tertinggal’. Motif dekoratif menghiasi lantai, atap pergola, dan panel dinding dengan "warna Afrika".

Sebuah atrium cekung di stasiun mengarah pada keempat lantai peron kereta, yang di bawahnya terdapat eskalator. Saat melewatinya, orang-orang bisa melihat satu sama lain dan berinteraksi karena di sini tidak ada jalan bersimpangan.

Lantai dasar berwarna-warni itu merupakan bagian desain utuh yang bertujuan untuk mengubah wilayah urban Clichy-sous-Bous. Wilayah ini paling diingat sebagai tempat kerusuhan Paris tahun 2005.

www.worldarchitecturenews.com Plaza pada stasiun ini memiliki luas 4.842 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 4.911 meter persegi. Kelak, stasiun ini akan menjadi penanda perubahan dan koneksi untuk daerah di pinggiran kota yang seringkali terabaikan.

Plaza pada stasiun ini memiliki luas 4.842 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 4.911 meter persegi. Kelak, stasiun ini akan menjadi penanda perubahan dan koneksi untuk daerah di pinggiran kota yang seringkali terabaikan.

“Pendekatan kami adalah mencari akses maksimal stasiun metro ke konteks perkotaan. Akses ini dibuat dengan menerapkan tangga yang membuat orang-orang yang keluar dari stasiun mau mengunjungi atrium. Sebuah atap pergola yang menutupi pintu masuk, instalasi dan bangunan stasiun, parkir sepeda, melindungi area yang nantinya digunakan sebagai pasar musiman,” kata arsitek Enric Miralles/Benedetta Tagliabue (EMBT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com