Lewat Film, Konstruksi Masjid Unik Sancaklar Terekam Utuh

Kompas.com - 04/11/2014, 07:25 WIB
Proses pembangunan masjid Sancaklar, Turki. worldarchitecturenewsProses pembangunan masjid Sancaklar, Turki.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Masjid Sancaklar terletak di pinggir Istanbul. Desainnya merupakan contoh unik dari arsitektur modern di antara tempat-tempat ibadah Islam Turki yang didominasi oleh tipologi bangunan historis.

Dalam rangka mencerminkan proses penciptaan karya unik arsitektur, SGMStudio mendokumentasikan pembangunan Masjid Sancaklar dari awal hingga selesai selama lebih dari dua tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim kreatif memberi penekanan arsitektur bangunan antara alam dan kesan artifisial melalui film, media yang tidak biasa di antara representasi arsitektur kebanyakan. Tim juga mengadopsi perubahan musim yang terekam pada proses konstruksi sebagai latar belakang ceritanya.

Film Masjid Sancaklar menggambarkan transformasi bangunan mulai dari struktur kerangka hingga menjadi tempat untuk beribadah. Dalam waktu yang sama, film tersebut juga mengintegrasikan antara pemandangan alam yang menarik, lanskap buatan manusia, serta geometri bangunan.

SGMStudio menghabiskan waktu selama 35 hari dalam 24 bulan pembangunan Masjid Sancaklar. Karena saat musim dingin mereka tidak dapat mendokumentasikan pembangunannya, tim mencoba menciptakan efek salju dengan bantuan manipulasi foto dan tampilan 3D.

Tujuan utama pembuatan film ini adalah untuk manifestasi terpadu antara siluet modern dan referensi bangunan Islam. Potongan musiknya menggabungkan musik klasik yang menghilangkan suara bisingnya pembangunan konstruksi dan menyajikan ketenangan.

Film yang memvisualisasikan mulai dari transformasi baja, beton dan batu hingga menjadi tempat ibadah ini, akan diputar secara perdana di Architecture Week Prague.

Tonton filmnya di sini:



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.