Bekas Pembangkit Listrik Disulap Jadi Properti Mewah

Kompas.com - 31/10/2014, 18:44 WIB
Bekas pembangkit listrik Battersea bakal disulap jadi properti mewah. www.dailymail.co.ukBekas pembangkit listrik Battersea bakal disulap jadi properti mewah.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Battersea Power Station bukan sebuah kuil besar, atau benteng yang dibangun untuk memenuhi kesombongan para penguasa. Gedung ini, tepatnya adalah pembangkit listrik dan menjadi kebutuhan vital sebagian besar industri di London, Inggris.

London Power Company, yang bertugas dalam proyek pembangunan pembangkit listrik ini, bertekad untuk menghilangkan kekhawatiran banyak orang, bahwa stasiun pembangkit listrik merusak pemandangan dan bertubuh mengerikan. Selain itu juga, mereka tidak ingin masyarakat menganggap pembangkit listrik adalah "monster" yang mencemari paru-paru warga di sekitarnya dengan udara beracun dari empat cerobong besar.

Pada akhir 1970-an, saat pembangkit listrik tenaga batu bara yang kotor dan mahal digantikan oleh sumber daya lain yang lebih murah serta bersih, output dari pembangkit listrik ini berkurang. Pada 1983, lampu di gedung ini benar-benar dipadamkan.

www.dailymail.co.uk Di tangan para pengembang Malaysia dan pinjaman bank yang membiayai rencana tersebut, gedung ini akan menjadi pusat futuristik dengan nilai konstruksi sebesar 8 miliar pondsterling atau sekitar Rp 154 triliun.

Battersea Power Station kemudian menjadi simbol kesedihan. Dengan 103 meter tinggi cerobong asap yang tampak retak dan enam juta batu bata bernoda jelaga yang runtuh, gedung ini menjadi lambang kemerosotan Inggris. Beberapa tahun kemudian, gedung ini jatuh ke tangan spekulan dan menjadi lelucon kota.

Namun, kini lelucon tersebut tampaknya akan segera berakhir. Dari luar, tanpa atap, gedung ini masih memperlihatkan bekas bangunan industri. Tetapi, di dalamnya, beberapa pekerja tengah "membangun kembali" Battersea Power Station. Gedung ini akan segera mengalami reinkarnasi.

www.dailymail.co.uk Lahan seluas 170.000 meter persegi yang menjadi area Battersea akan berisi 3.992 unit apartemen, tiga hotel, lebih dari 250 toko dan restoran, fasilitas rekreasi dan taman pinggir sungai seluas 24.300 meter persegi.

Di tangan para pengembang Malaysia dan pinjaman bank yang membiayai rencana tersebut, gedung ini akan menjadi pusat futuristik dengan nilai konstruksi sebesar 8 miliar pondsterling atau sekitar Rp 154 triliun.

Lahan seluas 170.000 meter persegi yang menjadi area Battersea akan berisi 3.992 unit apartemen, tiga hotel, lebih dari 250 toko dan restoran, fasilitas rekreasi dan taman pinggir sungai seluas 24.300 meter persegi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

www.dailymail.co.uk Sting dan Trudie Styler bahkan ikut membeli salah satu properti ini. Styler menggambarkan pembangunan tersebut merupakan solusi yang bagus untuk regenaris sebuah ikon London yang telah terbengkalai selama 30 tahun.

Hampir sepertiga apartemen tahap satu dan dua proyek telah terjual, mulai dari 380.000 pondsterling (Rp 7,3 miliar) untuk tipe studio dan lebih dari 10 juta pondsterling (Rp 193 miliar) untuk griya tawang.

Sting dan Trudie Styler bahkan ikut membeli salah satu properti ini. Styler menggambarkan pembangunan tersebut merupakan solusi yang bagus untuk regenaris sebuah ikon London yang telah terbengkalai selama 30 tahun.

Arsitek terkemuka Norman Foster dan Frank Gehry menyiapkan apartemen yang berada di menara kaca dan baja. Menara ini berbentuk bunga dengan 'kelopak', untuk memaksimalkan pemandangan pembangkit listrik.

 



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X