Di Alam Sutera, Binus University Tawarkan Konsep Hijau dan Hemat Energi!

Kompas.com - 24/10/2014, 10:48 WIB
Binus University Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (23/10/2014). arimbi ramadhianiBinus University Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (23/10/2014).
|
EditorLatief
TANGERANG, KOMPAS.com - Gedung kampus Universitas Bina Nusantara (Binus University) terbaru di Alam Sutera, Tangerang, memiliki konsep green campus. Konsep tersebut meliputi lingkungan kampus yang ramah lingkungan.

"Ada udara alami yang mengalir. Penggunaan listrik untuk AC juga tidak terlalu besar di kampus ini," jelas Managing Director, Stephen Wahyudi Santoso pada jumpa pers di lantai 5 Kampus Binus Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (23/10/2014).

Selain sistem sirkulasi udara, lanjut Stephen, gedung tersebut memiliki banyak jendela besar. Jendela ini berfungsi sebagai perantara sinar matahari ke dalam ruangan. Dengan leluasanya sinar matahari masuk ke ruangan, penggunaan lampu juga tidak terlampau sering. Adapun fungsi ramah lingkungan lainnya adalah adanya sistem penampungan air hujan.

"Air yang ditampung ini digunakan kembali untuk menyirami taman dan air di toilet," kata Stephen.

Dia juga mengatakan, sistem lainnya yang ikut mendukung konsep green campus adalah pemakaian teknologi mechanical engineering. Binus Alam Sutera khusus memasang AC dan lift berteknologi terbaru yang efektif menghemat penggunaan listrik gedung.

Senada dengan Stephen, Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, menambahkan bahwa biaya terbesar sebuah gedung adalah saat gedung tersebut dipakai terus menerus.

"Semakin luas gedung, biaya atas pemakaiannya tambah mahal. Maka, dengan desain ini diusahakan penggunaan lampu dikurangi. Lampu pun dengan LED," kata Harjanto.

Selain dari gedung itu sendiri, dia menyebutkan, konsep green campus juga didukung oleh aktivitas di dalam dan sekitar kampus. Contohnya, Harjanto menekankan program penanaman seribu pohon oleh mahasiswa di sekitar kampus dan pembatasan penggunaan kertas.

"Ini untuk menanamkan pada mahasiswa supaya sadar lingkungan," kata Harjanto.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X