Hanya di Bekasi, Sekolah Internasional Berpemandangan Sawah dan Hemat Energi

Kompas.com - 09/10/2014, 15:50 WIB
Ilustrasi. Sekolah ramah lingkungan shutterstockIlustrasi. Sekolah ramah lingkungan
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Vida Bekasi, sebagai kawasan hunian terpadu di kota Bekasi mengusung konsep green living dan berorientasi pada kehidupan berkelanjutan. Wajar bila kemudian, Bina Nusantara juga mengusung konsep serupa untuk sekolah ramah lingkungan yang akan beroperasi pada 2016 mendatang di kawasan perumahan ini.
 
"Gedung Binus International School Vida Bekasi akan dibangun di atas lahan seluas dua hektar dan mengusung konsep hijau dengan 60 persen areanya akan digunakan sebagai ruang terbuka. Tema 'tropical urbanism' juga akan dimasukkan ke dalam desain gedung sekolah," jelas arsitek Vida Bekasi sekaligus Binus International School, Andra Matin, kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (8/10/2014).
 
Terletak di sebelah timur kawasan hunian terpadu Vida Bekasi, Binus International School memiliki tipe bangunan memusat. Selain itu, keberadaan sawah di sekitar lokasi pembangunan akan menjadi andalan utama sekolah ini.
 
"Sawah-sawah di sekitar sekolah tidak akan kami gusur. Hal ini untuk membedakan Binus International School Bekasi dengan Binus International School lainnya di tengah kota," papar Andra.
 
Konsep rooftop garden  akan digunakan di setiap kelas guna memberikan rasa akrab dengan alam sekitar. Nuansa pembangunan hijau semakin terasa dengan taman besar yang menjadi fokus utama sekolah ini.
 
"Akan ada sebuah taman besar dengan water garden yang tidak terlihat dari luar sekolah namun akan langsung terlihat begitu masuk ke dalam sekolah," kata Andra.
 
Ada juga sebuah amphitheater  dengan konsep ruang terbuka yang dilindungi pepohonan rindang di sekitarnya. Fasilitas ini nantinya akan menjadi salah satu sarana belajar murid-murid Binus International School.
 
Sekolah terpadu ini nantinya memiliki tiga lantai dengan lantai pertama diisi kelas-kelas TK dan SD. Lantai dua terdapat kantin terbuka yang dilengkapi taman, dan lantai tiga berisi ruang serbaguna dan kelas-kelas SMP hingga SMA. Fasilitas lainnya adalah perpustakaan besar yang dilengkapi mezanin di dalamnya.
 
Kelas-kelas di Binus International School Vida Bekasi juga bisa dibilang unik. Andra merancangnya sebagai kelas hemat energi.
 
"Jendela-jendela dalam kelas tidak langsung mengarah ke luar guna mereduksi sinar matahari yang masuk. Di samping itu, ada juga bukaan-bukaan di sekitar jendela untuk mengurangi pemakaian AC," jelas Andra.
 
Bukaan-bukaan di jendela, lanjut Andra, mampu mengurangi setidaknya 20 persen penggunaan energi AC. Selain itu, tiap kelas-kelas SMP dan SMA akan dilengkapi kebun vertikal yang menempel pada dinding untuk mengurangi panas di dalam kelas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X